HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Manfaat Plastik Uv - Belakang Layar Ampuh Budidaya Ubi Jalar


Masyarakat indonesia terbiasa untuk mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat anan tetapi, terdapat sumber karbohidrat yang lainnya yaitu ubi jalar. Tanaman yang berjulukan lain ketela rambat dan mempunyai bahasa ilmiah Ipomoea batatas L. Merupakan masakan yang berasal dari Amerika Selatan yang mempunyai suhu tropis.

Tumbuhan merambat sering dibudidayakan menurut cara budidaya ubi jalar untuk dimanfaatkan umbinya dan daunnya yang masih muda untuk dijadikan sayuran.

Ubi jalar yang berwarna merah, ungu dan putih kecoklatan. Tanaman ini cocok di tanam di tempat dengan ketinggian 500 mdpl namun dikala ini sanggup ditanam di ketinggian 1000 mdpl dengan waktu budidaya yang lebih lama.

Ubi jalar sanggup ditanam di tempat dengan suhu sekitar 21-27 derajat Celcius dan di tempat tropis dengan curah hujan sekitar 750-1500 mm/tahun. Hal tesebut dikarenakan sinar matahari perlu untuk pertumbuhan tumbuhan yaitu sekitar 11-12 jam sehari.

1. Pemilihan Bibit Yang Baik dan Unggulan

Bibit yang baik dan unggulan sanggup kau beli dari tempat pembelian bibit ubi jalar kualitas unggulan yang sudah teruji. Bibit umbi sendiri banyak varietasnya terutama dari bentuknya, kau sanggup mendapat bibit ubi jalar ungu varietas unggulan ditoko yang menjual bibit pertanian yang sudah mendapat kepercayaan dari dinas pertanian.

Untuk menyiapkan bibit dalam budidaya ubi jalar sanggup dilakukan dengan 2 cara, yakni cara generatif dan cara vegetatif.

A). Cara Generatif


Pembibitan dengan cara generatif jarang dilakukan, namun untuk hasil yang diperoleh jauh lebih baik dan lebih sehat untuk bakal calon tumbuhan ubi jalar.

Penyiapan bibit dengan cara generatif yaitu pembibitan dari pembuahan umbi kemudian menghasilkan tunas baru. Jika kau menentukan cara generatif, caranya pilih umbi berkualitas baik dan sehat, umbi kemudian diiris menjadi 2 penggalan atau lebih (fungsinya untuk merangsang umbi biar cepat tumbuh akar dan tunas barunya).

Umbi yang telah diiris ditusuk dengan bambu yag sudah diiris sebagai skat atau penyanga. Kemudian setengah dari irisan umbi bakal bibit tadi sebagian ditaruh didalam air, setengah lagi diatas permukaan biar tumbuh tunas barunya. Atur sedemikian rupa biar umbi setengah tetap didalam air dan setengah lagi dipermukaan terkena cahaya matahari.

Persiapkan wadah berisi air, wadah sanggup ibarat bekas gelas air mineral / kolam untuk menaruh banyak umbi yang sudah diskat. Taruh wadah yang sudah berisi umbi di tempat lembab teduh (tetap terkena cahaya matahari secukupnya) hingga keluar tunasnya hingga 2-4 ahad hingga tunas sudah muncul sedikit akar.

cara generatif bibit ubi jalar

Setelah tunas tumbuh dan muncul akar yang kecil, tunas  dipindahkan terpisah ke tempat khusus ibarat polibag / mangkuk kecil, siram setiap hari dengan air secukupnya selama 2-3 hari hingga daun tunas terlihat segar dan akar tumbuh lebih banyak.

Proses terakhir, tunas segar tersebut sudah menajdi bibit unggulan yang siap ditanam dilahan / kebun kau untuk dibesarkan.

b). Cara Vegetatif
Pembibitan dengan cara vegetatif ialah pembibitan tanpa melalui pembuahan dari umbi. Pembibitan ini dilakukan dengan cara stek dari batang tumbuhan umbi jalar pilihan untuk dijadikan indukkan.

Cara menentukan batang indukan yang baik ialah tumbuhan yang sudah berumur diatas 2 bulan dengan ruas batang pendek dan besar (bisa batang sanggup pucuk dari batang). Batang tersebut kau potong dengan panjang sekiat 20-25 cm, pada setiap potongan minimal mempunyai dua ruas. Pada ruas pertama untuk tumbuh akar lebih cepat dan ruas kedua untuk tumbuh tunas yang baru. Laukan pemotorngan batang untuk bibit pada pagi hari.

Untuk perawatan bibit cara vegetatif, batang yang sudah dipotong diberishkan dan dibuang daun-daun yang masih ada diruas batang untuk mengurangi penguapan yang berlebihan, kemudian kumpulkan batang-batang pilihan dan ikat dengan tali (bisa rafia) per 100 batang / stek, simpan ditempat yang teduh dan sejuk dalam posisi bangun (tidak boleh bertumpukan) selama 7 hari.

Setelah itu, bibit ini siap untuk ditanam dilahan kamu. Biasanya cara vegetatif ini banyak dipakai alasannya ialah proses penyiapan bibitnya relatif lebih cepat bila dipakai pada lahan yang besar. Untuk lahan seluas satu hektar, dibutuhkan sekitar 36.000 bibit ubi jalar siap tanam.

Catatan, pembibitan dengan cara stek sanggup dilakukan secara bebuyutan kurang lebi 3-4 kali penyetekan. Jika sudah hingga 4 kali pembibitan mulai dari indukan gres dengan cara generatif / pembuahan dari umbi jalar langsung. Karena semakin banyak melaksanakan indukan dari stek, kualitas tumbuhan dan hasil umbi semakin buruk, kecil dan bahkan tidak berbuah.

2. Persiapkan Lahan Tanam yang Baik

Persiapan lahan ini harus dilakukan dalam kurun waktu minimal 3 ahad sebelum penanaman bibit. Kondisi tanah yang baik untuk budidaya ubi jalar ialah tanah lempung berpasir, gembur dan banyak mengandung unsur hara serta mempunyai drainase yang baik. Tanah yang ideal untuk budidaya ubi jalar membutuhan derajat keasaman tanah sekitar 5,5-7,5 pH.

Budidaya ubi jalar pada tanah kering dan retak-retak akan menurunkan imunitas tanaman, jadinya tumbuhan gampang terjangkit hama dan penyakit. Sebaliknya bila ditanam ditempat becek atau lembap hasil umbinya akan kerdil, kadar serat tinggi, umbi gampang bacin dan bentuknya benjol.

Tanaman ubi jalar tumbuh baik pada lahan tegalan atau bekas sawah. Pada lahan tegalan, budidaya ubi jalar cocok dilakukan diakhir demam isu hujan. Sedangkan untuk lahan sawah lebih cocok pada demam isu kemarau. Untuk membersiapkan lahan yang baik, kebutuhan pupuk untuk memperbaiki kualitas tanah relatif membutuhkan pupuk yang banyak, apalagi tanah bekas persawahan.

Baca Juga :
bedengan tanah untuk budidaya ubi jalar


a). Teknik Pengolahan Tanah dan Pemupukan

Pertama kali yang harus dilakukan ialah penggemburan tanah dengan cara pembajakan (dengan traktor / mesin bajak), tanah yang dibajak usahakan sanggup gembur dan halus kemudian buat bedengan / gundukan-gundukan tanah untuk media tanam ubi jalar nantinya. Setiap satu baris bedengan mempunyai lebar sekitar 80-100 cm.

Saat melaksanakan pembajakan, kau tambahkan pupuk-pupuk organik ibarat kotoran binatang dan bekas daun-daunan yang sudah menjadi kompos. Untuk pemilihan pupuk organik dari kotoran yang baik ialah kotoran sapi, kotoran kambing dan kotoran ayam dengan syarat kotoran-kotoran tersebut sudah diframentasi / dikeringakan terlebih dahulu. Pemberian pupuk sangkar untuk pengolahan tanah pada lahan seluas satu hektar takaran yang dibutuhkan sekitar 20 ton pupuk kandang.

Pemilihan pupuk organik lebih baik alasannya ialah lebih alami dan lebih sehat bila kau mengkonsumsi tumbuhan dari budidaya secara organik. Pupuk organik dari kotoran banyak mengandung unsur-unsur yang baik untuk tumbuhan ibarat nitrogen (N), fosfor, kalium (K), kalsium (Ca) dan yang lainnya. Kelebihan lainnya pupuk organik ibarat kotoran-kotoran tadi lebih ramah lingkungan dan tidak merusak tanah.

Semua pupuk organik yang sudah menajdi kompos dan sudah difragmentasi tadi dicampur aduk bersama dikala penggemburan tanah biar tercampur dan diproses ulang oleh tanah pada lahan. Setelah selesai mempersiapkan lahan dan gundukan-gundukan tanah siap, yang perlu diperhatikan tidak boleh pribadi ditanami bibit ubi jalar.

Proses menunggu hingga tanah siap ditanam minimal 3 ahad sesudah pengolahan lahan, bila terlalu cepat tanah masih memproses pupuk yang kau persiapkan tadi. Jika dalam proses ini proses tumbuh tumbuhan malah jadi tidak maksimal dan bahkan banyak yang mati / layu.

Lakukan penanaman diantara ahad ke 3-4, bila terlalu usang juga tidak baik alasannya ialah unsur nitrogen dalam tanah akan banyak berkurang, Unsur nitrogen (N) tanah fungsinya untuk kesuburan bibit tumbuhan biar lebih cepat tumbuh besar untuk tunas, akar, batang dan melebatkan daun serta umbi biar berbuah lebat.

Pada masa tunggu hingga lahan siap ditanami bibit yang sudah disiapkan, perawatan lahan yaitu dengan mengairi atau membasahi air secukupnya, air tidak boleh hingga mengenangi lahan pertanian.

3. Penanaman Ubi Jalar Yang Baik dan Benar

bibit ubi jalar unggulan siap tanam


Penanam ubi jalar cukup gampang dilakukan, namun ada hal sepele yang harus kau perhatikan untuk penanaman ini biar ubi jalar tumbuh optimal dengan gizi yang tercukupi. Bibit ubi jalar sebaiknya ditanam dengan cara membenamkan 2/3 stek batang ke dalam tanah.

Pada 1 baris bedengan lahan tanam terdapat dua baris lajur tanaman, bibit ditanam pada kedua sisi agak kepinggir dari setiap bedengan. Jarak tumbuhan antar satu baris 40 cm, hal ini biar antar tumbuhan mempunyai porsi nutrisi dari unsur hara tanah yang maksimal.

Teknik penanaman bibit dilakukan dengan cara yang halus, pertama-tama dari tanah bedengan digali sedikit dengan alat tanam ringan, taruh bibit pada tanah yang telah dilubangi tersebut. Kemudian timbun bibit juga dengan cara yang halus. Setelah semua bibit selesai ditanam, tahap berikutnya ialah penyiraman.

Pada awal penanaman usahakan tanah selalu lembab dan basah, penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hari pada setiap bibit yang sudah ditanam pada bedengan. Jika intensitas hujan didaerah lahan tumbuhan cukup tinggi, kau tidak perlu melaksanakan penyiraman. Jika kadar air hujan terlalu banyak, kau wajib menguranginya biar kadar kelembaban tanah tetap terjaga.

Perawaatan penanaman awal ini dilakukan rutin sekitar 2-3 ahad dan memastikan tumbuhan tumbuh tunas batang yang baru, biarkan tunas-tunas merambat liar ketanah untuk mengoptimalkan pertumbuhan awal dari bibit yang kau tanam.

4. Perawatan Ubi Jalar Ungu Agar Berumbi Besar


Setelah 3 ahad bila ada bibit yang mati, gagal tumbuh atau layu segera lakukan penyulaman dengan mengganti bibit yang gagal tumbuh tadi dengan bibit baru. Aktivitas penyulaman ini sembari kau merawat tanah dan membersihkan rumput-rumput liar / gulma yang tumbuh pada bedengan-bedengan yang disediakan buat tumbuhan ubi jalar.

kebun budidaya ubi jalar ungu


a). Pembersihan Gulma dan Mengatasi Tanaman Yang Kena Hama & Sakit

Pembersihan rumput / gulma ini sangat penting alasannya ialah sanggup mengganggu pertumbuhan ubi kamu. Unsur hara yang terkandung didalam tanah akan terbagi dengan tumbuhan gulma yang tumbuh bersama tumbuhan ubi jalar. Tata cara pencabutan gulma harus hingga ke akar-akarnya biar tidak tumbuh lagi.

Gulma yang tumbuh cukup besar harus dibuang / disingkirkan dari sekitar bedengan, tapi bila gulma nya masih tumbuh kecil-kecil sekitar 0,5 cm sanggup dicabut, dipotong akarnya dan ditenggelamkan ditanah-tanah sekitar bedengan. Gulma / rumput kecil mengandung banyak nutrisi dan nitrogen yang anggun untuk tumbuhan yang dalam masa pertumbuhan.

Jika kau menemui tumbuhan sakit atau tekena hama, biasanya tumbuhan akan terlihat layu dan tidak sehat ditandai dengan daun kuning dan banyak yang rontok. Hama yang menyerang tumbuhan ubi jalar biasanya ialah ulat yang ada di dalam ubi maupun pada daun.

Solusinya ialah membersihkan tumbuhan yang sakit biar tidak menular, yaitu memang dengan cara kimiawi yaitu dengan penyemprotan insektisida ibarat Curacron 500 EC atau Matador 25 dengan konsentrasi yang dianjurkan. Jika didapati ada tumbuhan yang sakit terlalu parah, kau harus mencabutnya untuk memutus penularan ke tumbuhan yang lainnya.

b). Pengairan dan Penyiraman
Pengairan pada masa pertumbuhan ubi juga tetap diharapkan biar tumbuh tumbuhan dan hasil umbi berukuran besar dan melimpah. Masa pembentukan dan pengembangan buah ubi pada masa 1-2 bulan sesudah penanaman. Pada masa ini penyiraman cukup dilakukan seminggu sekali, waktu penyiraman terbaik ialah di pagi atau sore hari.

Untuk pengairan, irigasi air harus berfungsi dengan baik, ini penting untuk diperhatikan dalam acara penyiraman ialah untuk menghindari tanah tidak terlalu becek. Penyiraman sanggup dilakukan seminggu sekali secara terus menerus. Kemudia penyiraman sanggup tidak boleh pada usia 2-3 ahad sebelum panen.

c). Penggemburan Tanah

Pada usia 4 ahad sesudah masa tanam, dilakukan perawatan berupa penggemburan tanah dengan cara membongkar bertahap disekitar pangkal tanam dari ubi jalar, radius jaraknya sekitar 10 cm dari pusat akar tanaman. Hal ini dimaksudkan biar tumbuh tumbuhan tidak menjalar kemana-mana, dari pengalaman para petani dengan cara ini, hasil pertumbuhan optimal, rapi dan umbi yang dihasilan cukup besar.

Pada usia 6-9 ahad tanah yang dibongkar tadi ditutup kembali sambil merapikan akar-akar yang menjalar keluar dari jalr penanaman. Jika konsentrasi pertumbuhan umbi diatur terpusat pada pangkal akar, umbi akan tumbuh berukuran besar-besar.








5. Pemanenan Ubi Jalar

umbi ungu siap panen

Masa ubi jalar siap untuk dipanen ialah ketika tumbuhan ubi sudah berumur 3,5-4,5 bulan, tergantung varietas ubi jalar yang ditanam. Pemanen yang baik dilakukan dikala demam isu kering, pemanenan dikala tanah gembur dan terlalu lembap akan menciptakan ubi lembap dan rentan terhadap pembusukan.

Jika waktu panen bertepatan dengan demam isu penghujan, solusinya ialah adalah menentukan hari minimal 7 hari sesudah hujan turun. Jika memang sulit menemui hari yang sesuai, sesudah pemanenan umbi yang sudah dipanen harus dikeringkan dari sisa air yang ada, sanggup dijemur atau diangikan supaya umbi lebih kering.

Pastikan sesudah pemanenan umbi higienis dan kering. Budidaya tumbuhan ubi jalar yang sukses ialah tumbuhan yang sanggup menghasilkan minimal 1 kg dari setiap bibit tanaman. Perhitungan untuk satu hektar lahan sanggup mengaghasilkan 25 – 30 ton. Pada varietas tertentu ibarat ubi jalar varietas borobudur dan kalasan sanggup mencapai panen 30-40 per hektarnya.

Demikian artikel perihal budidaya Ubi Jalar, semoga bermanfaat bagi kita semua :D Semoga bermanfaat bagi kita semua :D


Penggunaan plastik UV sangat berkhasiat untuk mengontrol temperature didalam greenhouse,sehingga suhu didalam greenhouse akan tetap normal dikala siang hari / malam hari.
- Plastik UV Lokal brand Hercules 6% dan 14% dengan Uk. 3 m x 100 m x 200 micron
- Plastik UV Import brand Vatan 14% dengan Uk. 6m x 60m x 200micron dan Uk. 8 m x 45 m x 200 micron
Selain untuk Greenhouse, Plastik UV sanggup dipakai untuk Penjemuran bahan-bahan tertentu. Segera Pesan Sekarang!!!
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya perihal prodak sanggup anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat pribadi dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#PlastikUv #Greenhouse #UvMerkHercules #AtapGreenhouse


Sumber http://uvplastik123.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Plastik Uv - Belakang Layar Ampuh Budidaya Ubi Jalar"

Posting Komentar