HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Kunyit Dalam Polybag Hasil Panen Jadi Melimpah


Cara membudidayakan kunyit bekerjsama cukup simpel sekali untuk Anda kerjaka, tetapi guna memperoleh hasil yang melimpah pastinya harus ada penanganan serta cara perawatan yang baik dan benar. Kunyit sendiri termasuk sebuah tumbuhan obat berupa semak serta bersifat tahunan ataupun perenial yang banyak tersebar di seluruh penjuru negara tropis.

Kalau di Indonesia sendiri, daerah pusat budidaya kunyit berada di wilayah Jawa Tengah, dengan tingkat produksinya yang mencapai angka sampai 12.323 kg/ha. Di pulau Jawa, kunyit umumnya dipakai untuk dijadikan materi utama pembuatan obat-obatan tradisional, materi baku industri jamu serta kosmetik, materi bumbu masakan, peternakan serta lain sebagainya.

Tanaman kuyit sanggup tumbuh subur di tanah yang gembur, dan pada tanah yang dicangkul secara baik bakal menghasilkan umbi kunyit yang juga melimpah. Jenis tanah yang cocok dan cantik untuk budidaya kunyit ialah pada tanah ringan dengan materi organik yang cukup tinggi, tanah lempung dan berpasis yang terbebas dari adanya genangan air ataupun lembab sedikit basa.

1. Persiapan Bibit

Bibit dari kunyit sanggup diambil dari kunyit yang telah berumur tua. Sebetulnya yang paling baik ialah pangkal umbi yang mempunyai sedikit bakal tunas. Tetapi jikalau sedikit sulit, Anda sanggup memperolehnya dengan cara membeli kunyit dipasar serta menanamnya.

Keperluan rata-rata bibit kunyit yaitu berkisar 20 kg per 1000 polybag. Satuan tersebut sanggup saja berubah-berubah, alasannya yaitu tergantung juga pada tingkat mutu dan kualitas bibit kunyit yang Anda dapatkan. Bibit kunyit tidak memerlukan langkah penyemaian dahulu.

2. Media Tanam

Untuk persiapan media tanam sendiri, Anda sanggup menggunakan media tumbuhan berupa wadah polybag, plastik polybag atau koker ini sangat simpel untuk Anda pergunakan untuk budidaya kunyit. Yakni dengan menggunakan materi ibarat sekam bakar, kompos serta tanah gembur. Untuk tingkat perbandingannya sendiri yaitu Sekam Bakar : 1, Kompos : 1, Tanah Gembur : 2.

Cara-cara yang harus dipersiapkan dan Anda lakukan cukuplah mudah, antara lain sebagai berikut :

- Campurkan dari ketiga materi tersebut kemudian aduk merata menggunakan sekop ataupun alat lainnya. Pastikan juga seluruhnya tercampur secara rata.
- Jika telah tercampur, basahi media tersebut dengan menggunakan air secukupnya dengan kelembaban sekitar 30%.
- Sesudah itu angin-anginkan lebih dahulu kurang lebih selama 2 jam.
- Sesudah itu masukkan ke wadah polybag yang sudah disiapkan sebanyak 1/2 bagian.
- Susunlah dengan rapi polybag tersebut di area pekarangan rumah ataupun lahan milik Anda. Anginkan juga selama 1 minggu.
- Sesudah waktu perjalan sekitar 1 minggu, media tanam yang Anda buat sudah siap untuk dipergunakan budidaya.

BACA JUGA
3. Penanaman Bibit

Penanaman sanggup eksklusif Anda lakukan dengan cara yakni umbi kunyit di tanamkan di dalam media polybag. Untuk caranya lebih rincinya sebagai berikut :

- Buat lubang-lubang pada media tanam dengan menggunakan jari tangan. Kira-kira di kepingan umbu sanggup tertutup secara rata dengan tanah.
- Kemudian, masukkan umbi kunyit ke lubang tanam yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

4. Perawatan & Pemeliharaan

Perawatan serta cara pemeliharaan dalam budidaya kunyit ini mempunyai 3 tahapan. Yaitu antara lain mencakup penyiraman, penyiangan, serta penambahan media tanam. Guna pemupukan sendiri tergantung pada Anda, kalaupun tak diberi pupuk pun juga bakal berkembang secara baik alasannya yaitu sebelumnya sudah menggunakan pupuk yakni pupuk kompos. Penyiraman pada tahapan budidaya kunyit ini tak perlu dikerjakan setiap hari.

Cukup menengok dari keadaan media tanam, jikalau telah dirasa kering maka kerjakan penyiraman secukupnya. Jangan terlalu berlebih juga, alasannya yaitu sanggup juga menimbulkan akar tumbuhan berubah jadi mati dan busuk. Penyiangan sendiri cukup Anda kerjakan dengan proteksi tangan saja. Tidak membutuhkan peralatan khusus lainnya. Tapi guna mempermudah, Anda sanggup menggunakan alat bantu. Namun, tak perlu di semprot lebih dahulu.

Untuk penambahan media tanam sendiri sanggup Anda lakukan tiap 1 bulan sekali. Nah, dikala umbi dari rimpang kunyit sudah mulai nampak dipermukaan media. Segera mungkin Anda tambahkan media tanam dengan secukupnya saja. Hal tersebut sudah lebih terbukti efektif, alasannya yaitu dengan menggunakan cara tersebut bakal menciptakan umbi kunyit sanggup tumbuh dari dasar polybag sampai atas permukaan polybag.

5. Pemanenan

Masa panen pada tumbuhan kunyit ini ialah sama dengan tumbuhan berjenis rempah-rempah lainnya. Yakni antara angka 10 - 12 bulan. Kalau Anda ingin menghendaki hasil yang lebih maksimal lagi, sanggup juga kunyit Anda panen sehabis berusia 2 bulan. Cara pemanenannya pun cukup mudah, sanggup balik polybag ataupun disobek pada kepingan tepi polybag serta Anda ambil rimpangd dari kunyitnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Kunyit Dalam Polybag Hasil Panen Jadi Melimpah"

Posting Komentar