HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Budidaya Tanaman Karet Secara Simpel & Mudah


Karet yakni tanaman di perkebunan tahunan yang merupakan pohon batang lurus. Pohon karet untuk pertama kalinya cuma tumbuh di negara Brasil, Amerika Selatan, tetapi setelah percobaan berulang kali oleh Henry Wickham, tanaman ini sukses ditumbuhkan di wilayah Asia Tenggara, yang mana sekarang tanaman ini cukup banyak dikembangbiakkan jadi sampai sekarang Asia termasuk sumber karet yang alami.

Langkah - langkah cara budidaya tanaman karet dengan gampang dan praktis, sebagai berikut :
1). Pembibitan
Terdapat beberapa teknik pembibitan yang sanggup dikerjakan guna memperoleh bibit karet menggunakan sifat unggul. Tahap pembibitan karet sanggup dikerjakan melalui banyak tahap. Untuk tahap yang pertama yakni tahap persemaian pada perkecambahan dan jikalau tahap pembibitan berikutnya yakni persemaian pada bibit.

Pada tahap persemaian perkecambahan, untuk benih karet bakal disemai pada bedengan menggunakan ukuran selebar 1-1,2 meter menggunakan ukuran panjang yang telah ditentukan dengan area yang disipakan. Pasir bertekstur halus ditebarkan pada atas bedengan menggunakan ketebalan sekitar 5-7 cm.

# Baca juga 5 Langkah Praktis Budidaya Bawang Putih

2). Pengolahan Tanah
Proses ini dikerjakan dengan cara mengolah tanah sebelum bibit siap untuk ditanam. Pada tanah bersihkan dari pohon besar menggunakan penebangan serta alang-alang menggunakan herbisida. Sisa penyakit harus juga dibrantas menggunakan fungisida. Teras harus dibuat di tanah menggunakan kemiringan sekitar 10 deg lebih, selain itu, pada rorak butuh dibuat pada tanah yang cukup landai utuk anutan air dan pencegah terjadinya erosi.

Pemancangan juga dikerjakan dengan sesuai jarak tanam dan tingkat kerapatan pada pohon yang sudah dirancang. 2 ahad sebelum masa tanam karet, pada lubang tanam perlu dibuat lebih dulu dititik pancang menggunakan ukuran 40 x 40 x 40 cm. Pemupukan pula harus disertakan ke dalam lubang guna memacu perkembangan perakaran pada pohon karet yang gres ditanam.

3). Penanaman & Penyulaman
Saat yang pas dan cocok guna melaksanakan penanaman yakni ialah animo penghujan jadi proteksi aktivitas penyiraman sanggup dikurangi. Bibit benih yang telah siap tanam yakni bibit yang mempunyai payung daun tamat yang telah tua. Polybag perlu dibuka sebelum bibit akan dimasukkan pada tengah lubang tanam serta ditutup menggunakan tanah. Tiap 1-2 minggu, pengecekan bibit harus dikerjakan jadi bibit yang layu sanggup secepatnya digantikan guna mempertahankan tingkat populasi tanaman ini.

# Jangan lewatkan untuk gabung disini Pusat Info Pertanian & Perkebunan

4). Perawatan & Pemeliharan
Pada proses ini, langkah awal yang perlu dikerjakan pada tanaman ini yakni membuang tunas bajakan serta tunas cabang sebelum tunas tersebut berkayu. Tak hanya cara perawatan tersebut, percabangan pada tanaman pula buuth dibuat serta dirangsang menggunakan cara penyanggulan, pengikatan pada batang, pemotongan pada ujung batang, pemotongan pada ujung tunas, aborsi bab daun, atau pengeratan bab batang. Proses penyanggulan adalan cara terpenting yang direkomendasikan.

5). Pemupukan
Supaya perkembangan tanaman ini makin pesat serta cepat masak sadap, proteksi pupuk harus dikerjakan. Ketika pergantian animo penghujan menuju kemarau yakni waktu yang sempurna guna proteksi pupuk ibarat pupuk urea, SP 36, serta KCl menggunakan perbandingan serta frekuensi yang sesuai dengan usia pada pohon karet.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Budidaya Tanaman Karet Secara Simpel & Mudah"

Posting Komentar