HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Manfaat Plastik Uv - Manfaat Plastik Uv Untuk Pengeringan /Penjemuran Biji - Bijian, Kopi, Kedelai, Cengkeh, Padi,Vanili

Proses final dari siklus pemanenan hasil pertanian yakni proses pengeringan. Proses ini untuk petani konvensional sangat bergantung dengan kondisi cuaca. Jika kondisi memasuki demam isu kemarau proses ini nyaris tidak menghadapi kendala. Akan tetapi kalau memasuki demam isu penghujan bisa dipastikan proses pengeringan akan memakan waktu lama. Proses pengeringan menjadi proses yang sangat penting alasannya yakni kalau tidak dilakukan dengan benar maka hasil panen yang di sanggup tidak akan mencapai hasil sempurna. Kesalahan dalam proses pengeringan bisa menyebabkan kehilangan hasil berkisar 2 persen.

Proses pengeringan itu sendiri yakni proses penurunan kadar air hingga mencapai nilai tertentu. Hasil panen menjadi kondusif untuk disimpan atau diolah. Proses pengeringan itu sendiri bisa dilakukan dengan aneka macam cara. Dengan cara modern menggunakan mesin pengering biasanya ini dilakukan oleh petani petani modern yang bisa menghasilkan panen dengan jumlah yang besar. Proses pengeringan yang kedua yakni dengan cara konvesional yaitu dengan cara dijemur dibawah sinar matahari ataupun kombinasi keduanya.

Proses penjemuran secara konvensional sangat bergantung dengan cuaca. Untuk penjemuran biji bijian, kopi, kedelai , cengkeh, padi maupun vanili ataupun hasil panen pertanian intinya sama. Kendala yang dihadapi petani yakni cuaca yang tidak menentu ataupun intensitas hujan yang tinggi menyebabkan proses pengeringan berjalan lambat dan tidak sempurna. Bahkan bila tidak ditangani dengan baik hasil panen bisa menjadi amis atau terkena jamur. Untuk Kopi kalau proses pengeringan tidak tepat bisa mengurangi kualitas kopi itu.  Ini tentu sangat merugikan.

Untuk mengatasi hambatan tersebut seiring dengan kemajuan teknologi dan berkembangnya industri plastik UV. Memberikan solusi yang gampang dan terjangkau kepada petani. Plastik UV bisa menjadi sarana mempermudah proses pengeringan hasil pertanian. Plastik UV yang mengandung ultraviolet protektor bisa dijadikan atap untuk mempermudah prosea penjemuran. Plastik UV yang digunakan untuk proses pengeringan hasil pertanian yakni plastik UV dengan kandungan UV protektor sebesar 6 persen.

 Baru!! Jual Plastik UV Import Lebar 4,2m

Dikarenakan sifat fisiknya yang lebih jelas sehingga lebih cocok untuk proses penjemuran dibandingkan Plastik UV yang mengandung kadar UV protektor sebanyak 14 persen. Jika dijemur dibawah atap yang terbuat dari plastik UV proses pengeringan akan tetap berjalan meskipun kondisi cuaca hujan.

Selain itu plastik UV mengandung IR (infra red) additive yang berfungsi mengontrol temperatur didalam ruangan sehingga suhu didalam ruangan menjadi normal ketika siang hari atau malam hari dalam kondisi cuaca apapun. Ini sangat membantu petani untuk mendapat hasil yang bagus. Petani tidak perlu repot memasukkan hasil pertanian ke dalam karung kalau hujan tiba tiba datang. Selain itu sifat dari plastik UV yang mengandung UV protektor bisa menjadi penghantar panas yang baik dan menyaring efek jelek dari sinar matahari langsung.

Kegunaan Plastik UV lainnya biasanya dalam proses penjemuran untuk menghindari kotor petani mmnggunakan ganjal untuk menjemur dengan menggunakan terpal maupun lantai semen. Dengan adanya Plastik UV bisa juga dijadikan ganjal untuk penjemuran. Keuntungan menggunakan plastik UV sebagai ganjal yakni plastik UV memiliki kemampuan menghantarkan panas. Sehingga proses pengeringan bisa dilakukan dari dua sisi yaitu dari atap yang menggunakan plastik UV maupun dari bawah dengan menggunakan ganjal plastik UV.

Yang harus diperhatikan yakni kalau menggunakan plastik UV  maka proses pembalikan ketika penjemuran dilarang menggunakan alat penggaruk dikarenakan akan menciptakan plastik rusak.
Kelebihan menggunakan plastik UV dibandingkan dengan plastik bening biasa yakni plastik UV lebih baka terhadap cuaca baik cuaca panas maupun cuaca hujan.

# Baca juga Manfaat Penggunaan Plastik UV (ultra violet) Pada Greenhouse

Untuk proses pengeringan menggunakan plastik UV yang mengandung uv protektor sebesar 6 persen ini banyak dijumpai pada produsen plastik UV Lokal. Untuk Plastik UV import kebanyakan kandungan UV protector lebih dari 6 persen. Kaprikornus dengan adanya Plastik UV sebagai sarana untuk mngeringkan hasil pertanian ikut membantu para petani dalam pengolahan proses akhir.
Sumber http://uvplastik123.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Plastik Uv - Manfaat Plastik Uv Untuk Pengeringan /Penjemuran Biji - Bijian, Kopi, Kedelai, Cengkeh, Padi,Vanili"

Posting Komentar