9 Hewan Ternak yang Bisa Dijadikan Lahan Bisnis, Untungnya Bukan Main!


Ternak hewan merupakan salah satu bisnis yang cukup dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia. Sebabnya, bisnis yang satu ini identik dengan bekerja di tempat yang kotor serta tak higienis. Kebanyakan orang jaman sekarang lebih memilih untuk duduk seharian di kantor ber-AC yang nyaman. Padahal, budidaya hewan ternak itu dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan, jika dikelola dengan benar.

Baca Juga :

Dengan tingkat persaingan yang tak sekeras persaingan di pasar, kemungkinan untuk meraup keuntungan masih cukup besar. Jika Anda mempunyai lahan tak terpakai di rumah, tak ada salahnya untuk mencoba mulai bisnis ini. Jika Anda masih amatir serta awan, bingung hendak beternak hewan apa, berikut beberapa referensi hewan yang yang dapat anda pilih serta ternakan di peternakan Anda.


Ternak Ayam Pedaging
Ayam pedaging ataupun yang juga dikenal ayam broiler merupakan usaha yang cukup menjanjikan dalam meraup pundi - pundi uang. Konsumsi akan daging ayam tak pernah sepi pelanggan, yang menjajankannya di pinggir jalan pun banyak. Perputaran uang pemeliharaan ternak ayam pedaging tergolong cepat. Waktu pemeliharaan selama 1 bulan lebih (45 hari) menjadikan bisnis ini layak untuk dicoba.


Ternak Ikan Mujair
Ikan ini cukup familiar untuk konsumsi masyarakat Indonesia. Pemeliharaan ikan mujair hanya memerlukan waktu 4 - 5 bulan serta tak memerlukan modal yang cukup besar. Harga jual mujair di pasaran cukup stabil sekitar Rp 30.000 - Rp 40.000/kg yang memuat 3 - 4 ekor ikan mujair.


Ternak Belut
Dengan hanya bermodalkan drum, Anda sudah dapat memulai bisnis ternak yang menguntungkan ini. Selain memiliki potensi penghasilan yang cukup tinggi, budidaya belut relatif cukup mudah untuk dilakukan. Belut mulai banyak dibudidayakan karena semakin lama permintaan pasar makin meningkat, tentunya ini dapat jadi peluang bisnis untuk Anda yang hendak budidaya dengan lahan terbatas.


Ternak Kroto
Kroto ataupun telur semut rangrang adalah hewan kecil yang memiliki kandungan protein serta gizi yang baik untuk burung kicau serta bibit ikan. Hewan yang satu ini sering dijadikan pakan para pecinta burung karena kandungannya dapat meningkatkan kualitas kicauan. Dengan banyaknya orang yang masih menggeluti hobi memelihara burung kicau, tentunya peluang membuka usaha hewan ternak ini.


Ternak Puyuh
Produksi telur burung puyuh sebesar 200 - 300 butir telur/tahun serta telah mampu bertelur di usia 35 hari serta produktif di usia 40 - 50 hari. Walaupun harga jualnya lebih murah dibandingkan telur pada umumnya. Kelemahan budidaya ternak ini adalah gampang stress sehingga Anda perlu menjauhkan kandang dari kerumunan serta pemukiman penduduk.


Ternak Kambing
Peluang usaha ternak kambing tergolong yang cukup menggiurkan untuk ternak ruminansia, hal ini dikarenakan ternak kambing membutuhkan waktu pemeliharaan hanya membutuhkan waktu 3 - 5 bulan. Rata-rata jumlah anakan kambing sekali melahirkan sekitar 1 - 2 ekor dengan durasi waktu kebuntingan 146 - 155 hari.


Ternak Walet
Sarang burung walet saat ini menjadi salah satu bisnis peternakan yang tren melakukan ekspansi ekspor ke negeri Tiongkok. Modal untuk beternak walet terbilang cukup besar tetapi sebanding dengan hasilnya. Panen dapat dikerjakan 1 - 3 bulan dengan hasil 10 - 30 kg sarang burung walet. Kabarnya harga sarang burung walet berkisar Rp 1.500.000/100 gram hingga Rp 20.000.000/kg.


Ternak Ikan Lele
Ikan lele sangat laku untuk unit usaha rumahan khususnya usaha pecel lele. Pemeliharaan ternak ikan lele hanya memerlukan waktu sebanyak 3 bulan serta sudah siap panen. Harga ikan lele di pasaran cenderung stabil dengan kisaran Rp 25.000 - Rp 30.000/kg. Tergantung juga domisili serta juga harga pasar di daerah Anda.


Ternak Udang
Udang tergolong komoditas perikanan yang tak pernah sepi peminat khususnya yang suka akan makanan seafood, hal ini tentu saja memberikan peluang bisnis yang menguntungkan untuk peternak. Panen udang dikerjakan pada usia 4 - 5 bulan dengan harga Rp 110.000/kg.
9 Hewan Ternak yang Bisa Dijadikan Lahan Bisnis, Untungnya Bukan Main! 9 Hewan Ternak yang Bisa Dijadikan Lahan Bisnis, Untungnya Bukan Main! Reviewed by Farmer on Oktober 21, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
Judul
dari telah membeli
Beli juga!