Budidaya Merica Dalam Polybag

Merica adalah salah satu rempah-rempah orisinil Indonesia yang sudah populer semenjak dulu. Di negara Indonesia sendiri, merica umumnya digunakan untuk bumbu kuliner yang mempunyai rasa pedas, mempunyai anyir yang khas, serta bersifat menghangatkan untuk tubuh. Dari hari kehari, harga jual merica di pasaran semakin tinggi.

Membudidayakan merica atau lada didalam pot atau polybag ini tak memerlukan lahan yang luas. Bukan untuk memenuhi keperluan langsung saja, tetapi budidaya merica dengan pot ataupun polybag sanggup dijadikan ladang penghasilan tambahan, sebab harga jual merica yang cukup tinggi. Makara bagaimana cara menanam merica dalam pot atau polybag. berikut ini cara dan langkah-langkah menanam merica dengan pot atau polybag.

Tips Menanam Merica Dalam Pot atau Polybag

Budidaya merica di halaman rumah sangat menguntungkan, tak hanya sanggup dimanfaatkan untuk memenuhi keperluan pribadi, sanggup juga dijadikan sumber pendapatan suplemen yang sangat menguntungkan. Tak perlu lahan yang luas, budidaya sikecil yang kaya akan manfaat ini sanggup ditanam di dalam pot ataupun polybag di pekarangan rumah Anda. Tanaman merica yang dibudidayakan dengan pot ataupun polybag ini disebut sebagai lada perdu, sebab dalam proses tumbuhnya tak memerlukan media untuk merambat.

Kelebihan Menanam Merica Dalam Pot atau Polybag

Kelebihan yang paling terlihat dari budidaya merica dengan pot ataupun polybag ini yaitu tak memerlukan lahan tanam yang luas. Pekarangan rumah yang umumnya ditanami dengan tumbuhan hias yang tak menghasilkan nilai ekonomis, kini sanggup dirubah menjadi lahan untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Lada perdu adalah jenis tumbuhan yang sanggup berbuah sepanjang tahun. Dalam 1 kali panen, 1 pot tumbuhan merica sanggup menghasilkan sekitar 200gr-300gr merica. Bahkan, sehabis usia tanam lebih dari 3 tahun, 1 pot tumbuhan sanggup menghasilkan 500gr merica bahkan lebih. Walaupun sanggup berbuah sepanjang tahun, tetapi dalam 1 tahun umumnya lada perdu hanya mempunyai 2 kali masa panen besar setiap tahunnya. Karena harga jualnya yang cukup tinggi untuk per kilogramnya, menciptakan hasil budidaya lada perdu sangatlah menggiurkan.

Tips Pembibitan Lada Perdu

* Untuk memperoleh bibit lada perdu sanggup dari stek cabang primer serta sekunder, atau sanggup juga diambil dari cabang primer dengan stek bertapak.
* Kemudian bibit tersebut disemai dalam media pot atau polybag dengan media semai berupa tanah, pupuk kompos, dan pasir.
* Sesudah bibit ditanam dalam pot atau polybag, tutup dengan plastik transparan dengan kadar 60%-70% semoga sinar matahari sanggup masuk.
* Untuk mencegah dari serangan hama, berikan jaring untuk melindungi bibit merica.
* Umumnya penyemaian dilaksanakan sekitar 3-4 bulan, hingga akar tumbuhan tumbuh dengan baik dan besar lengan berkuasa saat dipindahkan.
* Berikan zat organik Trichoderma pada media semai sebelum tumbuhan dipindahkan tujuannya untuk merangsang pertumbuhan pada akar.

Cara Menanam Merica atau Lada Perdu di Dalam Pot atau Polybag

Apabila pembibitan lada perdu dinilai cukup merepotkan, Anda sanggup membeli bibit merica yang dijual oleh para petani. Tetapi harga bibit merica pada setiap wilayahnya berbeda. Ketika bibit merica sudah siap, berikut langkah-langkah yang harus dilaksanakan :

* Membudidayakan merica atau lada perdu dengan pot ataupun polybag cukup gampang, Anda tinggal memindahkan bibit merica kedalam pot atau polybag yang lebih besar dengan ukuran sekitar 60cm x 40cm.
* Supaya nuntrisi dan unsur hara pada media tanam meningkat, tambahkan pupuk sangkar 10kg, pupuk Trichokompos 10kg, kapur 500gr, dan Trichoderma 100gr. Kemudian diamkan selama 2 ahad sebelum proses penanaman.
* Supaya cara menanam merica dalam pot atau polybag ini lebih optimal, laksanakan pemupukan rutin dengan menggunakan pupuk sangkar seberat 5kg/tahun. Pemberian pupuk dilaksanakan sebanyak 4 kali dalam 1 tahun.
* Untuk takaran pupuk Trichokompos berikan 2kg pada tahun pertama, kemudian pada tahun yang kedua takaran dinaikan menjadi 3kg, dan juga seterusnya.

Perawatan & Pemeliharaan Lada Perdu

Bila bibit lada perdu sudah dipindahkan kedalam pot dan sudah diberikan pupuk, proses selanjutnya dalam cara menanam merica di dalam pot yaitu melakukan perawatan dan pemeliharaan pada tumbuhan lada, berikut ini caranya :

1. Pencegahan Terhadap Serangan Jamur
Pada cabang tumbuhan merica yang rimbun, umumnya sangat rentan pada serangan penyakit khususnya jamur jenis P.Capsici sebab tingkat kelembaban udara di area sekitar tumbuhan cukup tinggi. Untuk mengatasinya buatlah penyangga dari kayu yang ibarat dengan bentuk setengah lingkaran.

2. Pengendalian Hama Penyakit
Untuk meminimalkan serangan hama penyakit pada tumbuhan merica, pakailah agensi hayati dan biopestida. Penyakit yang umum menyerang tumbuhan lada perdu dan cara penanganannya yaitu dengan menggunakan agensi hayati yaitu sebagai berikut :

* Untuk mengatasi penyakit kedaluwarsa yang menyerang batang Anda sanggup menggunakan Jamur Trichoderma.
* Pakailah Bakteri Pasteuria untuk menangani penyakit kuning.
* Jamur Beuveria Bassiana untuk menangani hama walang sangit.

Sedangkan biopestisida yang umumnya digunakan untuk mencegah serangan hama pada tumbuhan lada perdu yaitu ibarat ekstrak biji bengkuang, tepung cengkeh, serta ekstrak akar tuba.


Proses Panen

Untuk tumbuhan lada perdu ini sudah siap dipanen sehabis berusia sekitar 12 bulan sehabis masa tanam. Tetapi, jauh lebih baik apabila saat umur tersebut bunga dan bakal buah yang tumbuh di buang terlebih dulu, semoga pertumbuhan pada fase berikutnya jadi lebih baik, dan hasil panennya semakin meningkat. Apabila hasil panen meningkat, maka laba yang diperoleh menjadi lebih besar juga tentunya.

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Polybag untuk budidaya tumbuhan atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

CATATAN :
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat sanggup berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)
Budidaya Merica Dalam Polybag Budidaya Merica Dalam Polybag Reviewed by Yoyon Oke on Februari 25, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.