HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Labu Butternut Serta Pengertian Labu Butternut

Cara Budidaya Labu Butternut - Lim Corporation

Labu Butternut merupkan salah satu komonitas pertanian yang masih Jarang dijumpai dan di kembangkan di Indonesia serta dapat dibudidayakan sebagai alternatif bahan pangan. Butternut juga dapat disebut dengan labu madu/labu Bayi/Labu Diet. Labu ini mempunyai warna serta bentuk yang unik, warna dari butternut sendiri adalah orange serta berntuk yang lonjong dibagian atan dan bagian bawahnya bulat.

Labu madu (Butternut) masih belum banyak ditemui di pasar-pasar buah maupun lahan-lahan petani, tidak hanya masyarakat para petani pun juga masih belum begitu mengenal dengan jenis labu ini. Hanya disebagian daerah saja di Pulau Jawa dan Sumatra yang telah mulai membudidayakan labu ini secara aktif. Daerah-daerah berikut antara lain Cianjur (Jawa Barat), Pekanbaru (Riau), Bojonegoro (Jawa Timur) dan Lampung. Semakin lama kelaman daerah yang membudidayakan labu madu (Butternut) semakin banyak, seperti didaerah Riau, Palembang (Sumatra Selatan), serta Pidie (Nanggroe Aceh Darrusalam).

BACA JUGA:
Sedangkan nutrisi yang terkandung dalam butternut ialah, kandungan nutrisi butternut squash adalah kandungan serat yang tinggi, beta karoten, anti oksidan, vitamin A dan B kompleks, dan kandungan nutrisi ini sangat baik bagi kesehatan seluruh tubuh anda. Serta bagi anda yang memilki balita, buah ini juga baik jika anda gunakan sebagai MPASI (Makanan Pendamping ASI) untuk bayi anda yang masih dalam masa pertumbuhan.

Nah, seusai mengulik mengenai butternut, berikutnya langsung saja yuk kita simak apa sih poin penting dalam budidaya butternut squash berserta cara membudidayakanya :

Pada prinsip cara bercocok tanam labu butternut memiliki kesamaan dengan jenis labu biasanya. Butternut dapat dipanen setelah mamasuki usia tanam 85-90 hari, buah ini adalah jenis tanaman merambat atau menjalar (Cucurbitaceae) dari jenis tanaman semusim. Sehingga untuk memaksimalkan kualitas buah tanaman ini memerlukan para-para (tempat rambat). Dan berikut merupakan cara membudidayakanya:

Pengolahan Lahan
Dapat diawali dengan cara pembersihan, meratakan serta mengemburkan lahan dari semak belukar dan gulma dengan menggunakan mesin bajak (traktor) atau dengan manual (cangkul). Berikutnya membuat bedengan dengan ukuran lebar 1 meter tinggi 15-20 cm dengan jarak antar bedengan 4 meter. Berikan beberapa unsur hara pendukung semisal pupuk kandang sekitar 10-15 ton/ha serta Pupuk NPK phonska sekitar 8-10 karung.

Tahapan selanjunya adalah dengan menyemprotkan sejumlah agen hayati dengan dosis 4-5 liter/hektar yang bisa anda dilakukan 1 minggu sebelum kegiatan penutupan dengan mulsa plastik. Lanjut dengan membuat para-para (tempat merambat),  hal ini membutuhkan kayu penyangga yang kuat.

Penanaman
Untuk menanam labu butternut sama halnya dengan menanam tanam dengan jenis kerabatnya yang menjalar pada umumnya. Kondisi penanaman yang sangat cocok adalah pada waktu awal musim penghujan, dengan jarak tanam (Double row) 1 x 4 meter, dengan jarak antar bedengan 4 meter dan jarak antar tanaman satu dengan lainya adalah satu meter disebalah kanan dan berselanya lagi 1 meter di kiri (double row) jarak antara baris sekitar 50 cm.

Jumlah akan kebutuhan bibit yang ditanam 5000 bibit/ha. Teknik menanamnya ialah dengan cara memasukan bibit butternut yang suda berusia 4-5 hari dari persemaian. Seusai ditanam, kita hanya tinggal melanjutkan dengan upaya perawatan seperti menyiram, memupuk, dan mengendalikan hama serta pemanenan.

Pemupukan Butternut
Proses pemupukan bertujuan agar menambah/memberikan sejumlah unsur hara tambahan kedalam tanah yang akan digunakan untuk tanaman. Pemupukan dapat dikerjakan dengan dua 2 cara yakni dengan cara di kocor atau disemprot.

Sebelum dikerjakannya kegiatan pemupukan dengan sistem kocor sebaiknya bulatlah larutan dengan komposisi pupuk kandang 20-30 kg, pupuk NPK 1 kg, Agen hayati sebanyak 1 kg yang masing-masing bahan dilarutkan kedalam 200 liter air, lakukan pengadukan tiap hari sampai 7 hari.

Sebelum hasil larutsan tersebut diaplikasikan ke tanaman sebelumnya harus dilakukan pengenceran terlebih dahulu dengan menambahkan air menjadi 400 liter dan berikan kesetiap tanaman dengan takaran 200-250 ml. Memupuk kocor dan daun dilakukan 7 hari sekali, dengan jeda (jarak waktu pemberian) dari 3-5 hari kocor dan semprot dengan komposisi larutan pupuk daun antara lain, kalsium 500 ml, 500 gram gandasil D,500 ml hormone pertumbuhan dilarutkan dalam 200 liter air sebelum dikerjakanya hal berikut.


Penyulaman
Penyulaman merupakan pemilihan bibit butternut yang telah mati ditempatnya lalu dibuang untuk membentuk kesaragaman nantinya saat waktu musim panen, penyulaman dilakukan 7 hari setelah bibit labu ditanam dilapangan.

Pengendalian Hama Dan Penyakit
Saat kegiatan budidaya tidak pernah terlepas dari serangan hama serta penyakit, oleh sebab itu sebagai pembudidaya harus peka dan sensitif jika terjadi serangan terhadap tanaman yang tengah kita budidayakan.

Salah satu kendala pada saat budidaya labu butternut ialah penyakit layu bakteri atau fusarium (daun puret). Untuk pencegahan untuk jenis penyakit ini dengan terus menjaga sanitasi kebun atau kebersihan kebun dan apabila diperlukan dengan menyemprotkan jenis fungisida berbahan aktif mankozeb dan Serangan lalat buah dengan membuat perangkap petrogenol.

Panen Labu Butternut
Panen dikerjakan pada saat tanaman telah masuk pada umur 85-90 hari dengan memiliki ciri-ciri buah yang telah siap panen dengan tangkai buah pada tangkal sudah berubah warna dari hijau menjadi ke coklatan bahkan coklat yang tertandai warna buah butternut sudah coklat mengkilap itu bertanda buah siap untuk dilakukan pemanenan.

Plastik Mulsa Hitam Perak
* Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik pertanian klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik  untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service: 
Telp: 031 - 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00)
Mobile: 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email: limcorporation@gmail.com
Atau chat langsung dengan Admin klik salah satu tuntan berikut:

CATATAN:
- Minimal Order 10 roll
- Harga netto (tidak termasuk PPN)
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan
- Harga franco surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Labu Butternut Serta Pengertian Labu Butternut"

Posting Komentar