Cara Sukses Gunakan Polybag Untuk Pembibitan Tanaman Sengon

Jual Polybag Pembibitan Murah - Lim Corporation

Banyaknya ajakan kayu sengon oleh industri yang meningkat belakangan ini, menciptakan semangat para petani dalam budidaya sengon meningkat. Dan juga pecahan bisnis pembibitan sengon memegang peranan penting lantaran kesalahan bibit di lapangan bisa mengakibatkan dampak untuk jangka panjang dan bisa merugikan ekonomi. Bibit berperan dalam berhasilnya tanaman, bibit yang cantik dan unggul akan memperlihatkan produksi yang maksimal dan juga sebaliknya. Penanganan pembibitan yang baik diharapkan biar pembibitan sengon bisa berjalan efektif dan efisien termasuk didalamnya cara sukses pembibitan tumbuhan sengon sehingga memperlihatkan laba ekonomi yang besar.

Untuk bibit sengon varietas unggul sudah banyak dijual oleh petani penangkar. Apabila Anda benar-benar ingin memastikan kualitas tumbuhan yang ditanam, Anda bisa memulai dari melakukan pembibitan sendiri yaitu Tanaman Sengon berkembang biak dengan biji. Sebelum Anda melakukan pembibitan sendiri sebaiknya meneliti produktivitas pohon atau induk yang bijinya akan Anda pakai sebagai benih untuk selanjutnya dilaksanakan pembibitan lantaran produktivitas induk akan menurun ke anaknya. Ciri-ciri induk sengon yang baik yaitu sehat, tak abnormal, memiliki tegakan yang lurus ke atas, tak ada cabang dibawah 5m, tak membawa penyakit, bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Pembibitan tumbuhan sengon dari benih biji tak begitu sulit, akan tetapi apabila cara sukses pembibitan tumbuhan sengon yang bisa Anda miliki maka Anda bisa memproduksi hibrida dan bisa menjadi bisnis yang memperlihatkan keuntungan.

Berikut ini klarifikasi selengkapnya wacana cara sukses pembibitan tumbuhan sengon yakni:

PERSIAPAN LOKASI PERSEMAIAN BENIH SENGON
Untuk lokasi penyemaian benih sengon sebaiknya datar atau kemiringan maksimum 50, memiliki sumber air sepanjang isu terkini biar mempermudah penyiraman, tanah subur, tak berbatu kerikil, tak mengandung tanah liat, terusan transportasi yang terjangkau dengan tujuan mempermudah serta menghindari kerusakan bibit saat pengangkutan. Kegiatan pembibitan sengon dilaksanakan di bawah naungan dengan atap rumbia atau plastik yang dilapisi paranet di bawahnya dengan materi yang sederhana namun murah contohnya saja kerangka bambu dengan tinggi 1,2m.

BACA JUGA:
PERSIAPAN BENIH SENGON
Tahap persiapan benih yaitu mencakup pemilihan tumbuhan induk, pengumpulan benih biji, seleksi benih biji dan penanganan benih. Pemilihan tumbuhan induk dengan kriteria pohon sengon tinggi, besar, lurus dan masih muda, diameter batang 1,5m. Pengumpulan benih biji diperoleh dari panen buah tepatnya dalam setahun buah sengon panen sekitar bulan April-Juli. Bentuk buah sengon yaitu polong, pipih, tipis, dan panjangnya sekitar 6cm-12cm. Setiap polong buah berisi 15-30 biji dengan bentuk biji persis perisai kecil dan saat sudah bau tanah biji akan berwarna coklat tua, agak keras, dan berlilin. Seleksi benih tujuannya untuk memperoleh benih yang bagus. Seleksi benih biji sengon menurut kulit biji higienis berwarna coklat tua, ukuran benih maksimum, karam dalam air saat benih direndam, dan bentuk benih masih utuh. Penanganan benih tujuannya untuk mempercepat proses kecambah dan memperoleh prosentase kecambah yang maksimal. Perlakuan benih tersebut dimulai dari benih terseleksi direndam dalam air panas mendidih (80 C) selama 15-30 menit. Kemudian benih direndam kembali dalam air hambar sekitar 24 jam, setelah itu ditiriskan. Untuk selanjutnya benih siap untuk disemaikan.


PENABURAN BENIH BIJI
Penaburan benih biji dilaksanakan pada bedeng khusus kecambah yang terbuat dari media pasir dan tanah dengan perbandingan 1:1 kemudian disiram dengan percikan air. Penaburan dikerjakan pada larikan berjarak 5cm antar larikan dan kedalaman sekitar 2cm. Semai benih biji pada kolam kecambah secara merata dan tak saling tumpang tindih biar pertumbuhan kecambah tak bertumpuk kemudian laksanakan penaburan juga pasir dan tanah secara tipis untuk menutupi benih tersebut. Sebaiknya penaburan dikerjakan saat tak panas yaitu waktu pagi hari atau sore hari untuk menghindari terjadinya penguapan yang terlalu berlebihan. Setiap hari laksanakan penyiraman air secukupnya dan bersihkan gulma yang muncul terlebih dulu sebelum benih berkecambah. Kecambah akan muncul setelah 1-2 ahad atau laksanakan seleksi dengan melihat pertumbuhan biji menjadi kecambah dengan tinggi 3cm selama 7 hari. Benih yang berkecambah siap dipindahkan ke media tanam polybag.

Polybag Untuk Pembibitan
PEMINDAHAN BIBIT KE MEDIA TANAM POLYBAG
Benih yang sudah berkecambah dipindahkan ke dalam polibag dengan diameter 5cm yang berisi media tanam berupa gabungan pupuk kompos, pasir dan tanah hitam dengan perbandingan 1:1:1. Setiap polybag diberi 1 batang kecambah. Untuk menciptakan akar tunggang yang tadinya hanya ada 1 menjadi lebih banyak yaitu 3 akar tunggang yang dikenal dengan akar tunggang beragam sebaiknya laksanakan teknik modifikasi akar yaitu dengan memotong akar kecambah kemudian celupkan dalam hormon pemacu pertumbuhan akar contohnya saja Rootone-F. Teknologi induksi akar tersebut menciptakan akar tumbuhan menyerap nutrisi lebih cepat dan lebih banyak.

Sesudah bibit ditanam kemudian siram dengan sprayer. Jagalah kelembaban jangan hingga kurang dari 80% yang diketahui dengan menggunakan termohigrometer dalam naungan. Apabila kelembaban kurang, sebaiknya laksanakan penyiraman dengan menggunakan sprayer biar berkabut. Hindari penyiraman dengan selang lantaran berpotensi menciptakan lahan becek dan merusak daun akhir cipratan air dari tanah. Lahan sekitar polybag yang becek bisa memacu pertumbuhan jamur. Sesudah 2 ahad pindahkan bibit dalam polibag dari naungan ke lahan terbuka hingga umur 2 bulan. Pastikan akar bibit dalam polibag tak menembus ke tanah bedengan. Selama pemeliharan bibit di lahan terbuka bisa melakukan pencucian gulma dan pemupukan.

PEMUPUKAN
Proses pemupukan bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan pada bibit sengon. Pemupukan dimulai dari waktu bibit gres keluar dari paranet dengan pupuk TSP dan Urea dengan perbandingan 1:1 biar cepat besar. Kemudian 2 ahad berikutnya berikan urea, ZA dan NPK Mutiara dengan perbandingan 1:2:1 untuk membesarkan batang. Pada 2 ahad terakhir bisa dipupuk dengan ZA, NPK Mutiara dan KCl dengan perbandingan 1:1:2 untuk memperkuat batang. Cara pemberiannya yaitu pupuk tersebut dicampur menjadi 1 kemudian dilarutkan dalam air dan semprot pribadi pada media tanam bibit. Minimalikan cipratan pupuk pada daun dengan cara siram bibit dengan air biasa setelah tunjangan pupuk biar bekas pupuk tak melekat di daun yang bisa menimbulkan daun kering dan hangus.

PENGENDALIAN OPT
Pemberantasan hama penyakit yang menyerang bibit saat persemaian ayakni Tikus, Belalang, ulat daun, dan lainnya. Untuk mencegah harus selalu dijaga kebersihan di sekitar persemaian, dan bisa juga melakukan penyemprotan dengan pestisida hayati yang mengandung mikroba dengan takaran 250cc dilarutkan dalam 10 liter air.

BIBIT SIAP TANAM
Sesudah bibit berumur 3 bulan atau tinggi tumbuhan 30cm, bibit dalam polibag sudah siap untuk dipindahkan ke lahan terbuka untuk ditanam atau siap untuk dijual secara komersial. Bibit dalam polibag yang akan dikirim disusun rapi sekitar 3 tumpukan, kemudian diberi sekat kayu untuk meletakkan tumpukan bibit lain.

Produsen Polybag di Surabaya
* Ingin info lengkap mengenai harga Polybag silakan kunjungi tautan berikut http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tumbuhan atau untuk pembibitan atau dipakai untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Chat pribadi dengan kami klik salah satu tautan berikut:

CATATAN :
- Harga netto (belum ternasuk PPN)
- Harga tidak mengikat sanggup berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)
Cara Sukses Gunakan Polybag Untuk Pembibitan Tanaman Sengon Cara Sukses Gunakan Polybag Untuk Pembibitan Tanaman Sengon Reviewed by Yoyon Oke on November 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.