HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Memanfaatkan Plastik Uv Untuk Proses Pengeringan Pasca Panen Tanaman Kopi

Pengeringan Kopi Dengan Plastik UV

Plastik UV umumnya digunakan untuk pembuatan atap greenhouse. Plastik UV berwarna bening sedikit menyerupai putih susu, alasannya mengandung materi kimia aditif. Kandungan materi kimia umumnya UV protektor yang fungsinya untuk melindungi tanaman dari dampak negatif sinar ultra violet pada sinar matahari. Semakin tinggi kandungan UV Protector maka warna plastiknya semakin buram. Untuk keperluan greenhouse umumnya menggunakan plastik uv kandungan 14%, sedangkan untuk penjemuran atau pengeringan hasil panen menggunakan plastik uv yang kandungannya 6%.

Penanganan pascapanen yaitu alur pekerjaan yang harus dilaksanakan dengan hati-hati dan teliti semoga dapat menghasilkan kopi dengan kualitas baik. Adapun beberapa tahapan yang harus dilaksanakan yaitu :

Sortasi
Sortasi ini dikerjakan tujuannya untuk memisahkan jenis buah kopi  kualitas superior dengan jenis buah kopi yang kualitas inferior, serta juga untuk membersihkan dari kotoran menyerupai batu yang tercampur saat proses panen.

Pengupasan Kulit Biji
Pengupasan kulit buah menggunakan mesin pengupas. Kinerja dari mesin pengupas sangat tergantung dengan kematangan buah, kesamaan dari ukuran buah. Mesin akan bekerja optimal apabila buah yang dikupas sudah cukup matang alasannya kulit dan daging buahnya lebih lunak dan praktis terkelupas.

Fermentasi
Tujuan dari proses fermentasi yaitu untuk menghilangkan lapisan lendir pada kulit tanduk kopi. Proses fermentasi umumnya hanya dilaksanakan untuk pengolahan kopi arabika, dan tak banyak digunakan untuk mengolah kopi robusta.

Pencucian
Pada tahap ini dilaksanakan secara manual atau menggunakan mesin. Tujuan dari pembersihan ini yaitu untuk membersihkan dari kotoran serta sisa lendir saat proses fermentasi.

Baca Juga :

Pengeringan
Proses pengeringan dilaksanakan untuk memperoleh kadar air 12%. Dalam kadar air 12% biji kopi relatif kondusif untuk disimpan dalam karung dan diletakkan di dalam gudang. Proses pengeringan dapat dilaksanakan dengan cara penjemuran menggunakan sinar matahari. Proses penjemuran yaitu cara yang paling praktis dan murah untuk pengeringan biji kopi. Apabila cuaca memungkinkan, sebaiknya proses pengeringan dipilih dengan cara penjemuran penuh alasannya akan memperlihatkan hasil yang cukup baik. Lantai jemur di buat dari materi yang menyerap panas menyerupai semen. Apabila cuaca mendung atau saat ekspresi dominan hujan, dapat menggunakan plastik UV untuk ganjal ataupun atap penjemuran. Plastik UV yang digunakan untuk ganjal fungsinya untuk memantulkan panas, sedangkan plastik UV yang digunakan untuk atap fungsinya untuk melindungi dari hujan. Plastik UV greenhouse yang digunakan umumnya yang kandungannya 6%.

Manfaat Plastik UV Untuk Pengeringan

Pengukuran Kadar Air
Pada proses ini tujuannya untuk memastikan kadar air pada biji kopi.

Penggilingan
Biji kopi yang sudah higienis serta kering kemudian digiling menggunakan mesin penggiling untuk memperoleh tekstur yang halus.

Pengemasan dan Penggudangan
Kopi dapat dikemas saat masih berupa biji atau sehabis digiling, tergantung proses yang dilaksanakan. Penyimpanan sebaiknya pada kawasan khusus yang terjaga kelembaban, kebersihan serta keamaanan dari hama.

Tak hanya kualitas kopi, alat yang digunakan juga sangat menunjang mutu kopi yang dihasilkan. Banyak petani yang masih menggunakan metode pengeringan sederhana menggunakan sinar matahari. Apabila tak memiliki lantai semen, pemakaian plastik UV akan sangat membantu proses pengeringan. Harga plastik UV tak terlalu mahal tetapi tahan lama. Untuk atap plastik UV dapat melindungi dari hujan dan tak terlalu repot untuk memindahkan kopi yang sedang di jemur, apalagi kalau dalam jumlah yang banyak. Panas matahari yang masuk ke kawasan pengeringan akan makin mempercepat proses pengeringan kopi, dan kualitas kopi hasil pengeringan akan lebih baik mutunya.

Jual Plastik UV Greenhouse
Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Plastik UV untuk pembuatan green house atau untuk pengeringan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih baka Anda dapat menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan :
– Minimal order 1 ton
– Kandungan UV protektor 5%, kalau minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, dapat berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memanfaatkan Plastik Uv Untuk Proses Pengeringan Pasca Panen Tanaman Kopi"

Posting Komentar