Teknik Jitu Budidaya Buah Raspberry Bagi Pemula, Dijamik Ciamik


Buah Raspberry yaitu jenis tumbuhan semak dari keluarga Rubus yang tergolong dalam tumbuhan semak. Raspberry yaitu salah satu jenis berry yang aneka macam tumbuh di kawasan tropis. Buah ini mempunyai cita rasa yang anggun dan sedikit asam.

Jenis raspberry yang paling banyak dibudidayakan yaitu yang mempunyai buah berwarna merah atau nama ilmiahnya Rubus strigosus dan hitam atau nama ilmiahnya Rubus occidentalis. Buah Raspberry yang sudah masak mempunyai rasa yang anggun dan warna buahnya merah, dapat juga hitam ungu ataupun kuning keemasan itu semua tergantung dengan jenis raspberry yang ditanam.

Bila dibandingkan dengan jenis berry lainnya, buah raspberry ini mempunyai rongga di penggalan tengah bila tangkainya sudah diambil. Berat 1 buah raspberry sekitar 4gr. Buah raspberry banyak mengandung vit C, zat polyphenol antioxidant serta zat anthocyanin yang sangat mempunyai kegunaan dan bermanfaat sekali untuk kesehatan manusia.

Adapun Beberapa Cara Menanam Raspberry Dari Biji, Yaitu :

Persiapan Bibit Raspberry

Bekukan bibit atau benih raspberry dalam freezer selama 3 hari hingga 2 minggu. Kemudian, siapkan wadah ataupun toples bening yang bersih, letakkan tumpukan tisu di wadah dan basahi dengan air hingga tisu tersebut lembab. Tabur benih diatas tisu, beri jarak setiap benih biar dapat tumbuh dengan maksimal. Tutup wadah dan simpan di tempat yang gelap, jaga kelembapannya dan cek selama 3-4 hari. Ketika bibit sudah terlihat berkecambah dengan panjang sekitar 5cm-10cm maka kecambah siap untuk di pindahkan ke media tanam yang sesungguhnya.

Penanaman Raspberry

Tempat tanam yang dapat digunakan untuk menanam raspberry yakni gelas plastik ataupun potongan botol yang mempunyai diameter cukup besar. Selanjutnya, buat lubang kecil di penggalan bawahnya sebagai anutan air. Siapkan media tanam berupa tanah yang sudah dicampur dengan cocopeat. Buat lubang di media dengan menggunakan tusuk gigi hingga kedalaman 1cm. Masukkan bibit dan tutup dengan tanah sedikit saja. Tutupilah wadah tanam berupa botol atau gelas plastik dengan plastik bening dan beri lubang untuk sirkulasi udara. Sesudah beberapa lama, maka bibit akan tumbuh, anda dapat memindahkan anakan raspberry dikala sudah terlihat beberapa daun ke polybag ataupun media tanam yang lebih permanen.

Baca Juga :



Perawatan Tanaman dan Pemanenan Raspberry

Perawatan tumbuhan raspberry ini tak begitu sulit. Karena tumbuhan raspberry tergolong tumbuhan yang tak terlalu manja, perawatan yang harus dikerjakan yakni penyiraman dikala tumbuhan raspberry terlihat kering, keadaan terlalu lembab akan menjadikan tumbuhan rasperry menjadi cepat mati alasannya yaitu akarnya menjadi busuk. Tak hanya itu, jangan lupa laksanakan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tumbuhan raspberry. Pastikan juga, tumbuhan diberi pupuk setelah usia tumbuhan lebih dari 2 bulan. Pemanenan buah raspberry dapat dikerjakan dikala buahnya sudah mengatakan warna merah yang sempurna.


Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Plasti UV untuk pembuatan green house atau untuk pengeringan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih abadi Anda dapat menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan :
– Minimal order 1 ton
– Kandungan UV protektor 5%, bila minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, dapat berubah setiap waktu
Teknik Jitu Budidaya Buah Raspberry Bagi Pemula, Dijamik Ciamik Teknik Jitu Budidaya Buah Raspberry Bagi Pemula, Dijamik Ciamik Reviewed by Yoyon Oke on Juni 22, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.