5 Cara Jitu Budidaya Bunga Mawar Di Polybag


Cara menanam bunga mawar dengan metode stek banyak dikerjakan oleh para petani dalam budidaya bunga mawar. Cara ini relatif mudah dikerjakan serta memiliki tingkat keberhasilan yang cukup besar dibandingkan dengan cara yang lain. Meskipun tak segampang yang ada di dalam panduan namun bila Anda mengikuti beberapa langkah yang diajarkan bakal memperbesar tingkat kesuksesan dalam budidaya mawar.

Bunga mawar banyak diminati oleh masyarakat alasannya ialah memiliki warna serta bentuk bunga yang indah. Selain warna yang beragam, bunga ini juga memiliki anyir yang harum sehingga banyak digandrungi oleh kaum hawa. Oleh alasannya ialah itu bunga ini banyak digunakan untuk hiasan di aneka macam banyak acara.

1. Persiapan Bibit Bunga Mawar

Langkah pertama dalam menanam bunga mawar ialah mempersiapkan bibit. Jika anda ingin mudah atau tidak memiliki cukup waktu anda sanggup membeli bibit bunga mawar yang banyak dijual di kawasan penjual bunga. Pilihlah bibit yang bagus, sehat serta tidak berpenyakit. Perbanyakan tanaman bunga mawar umumnya dikerjakan dengan menggunakan stek. Jika anda mau menciptakan bibit sendiri, pilih batang bunga mawar yang telah cukup tua. Potong menggunakan pisau yang tajam serta higienis sepanjang kira-kira 10 cm. Siapkan media semai berupa adonan tanah serta pupuk sangkar dengan perbandingan 2 : 1. Dinginkan media semai dengan cara dianginkan selama sekitar 15 hari. Lalu masukkan ke dalam polybag semai. Tanam stek bunga mawar tersebut secara hati-hati kedalam polybag semai. Buat lubang sedalam 3 atau 4 cm kemudian masukkan stek secara hati-hati semoga kulitnya tidak rusak. Letakkan pada kawasan yang terlindung dari sinar matahari eksklusif maupun hujan. alasannya ialah kalau kebanyakan air stek bakal membusuk serta tak tumbuh.

2. Persiapan Media Tanam Bunga Mawar

Media tanam bunga mawar dalam pot ialah adonan tanah, pasir serta pupuk sangkar dengan perbandingan 4 : 1 : 4. Aduk hingga tercampur rata media tanam tersebut serta biarkan selama kurang lebih 15 hari. Pupuk sangkar yang elok ialah yang telah difermentasi atau pupuk sangkar yang telah usang (sudah masak).

Baca Juga :
Cara Budidaya Mentimun yang Benar dengan Mulsa Plastik
Budidaya Buncis dengan Mulsa Plastik
Menjaga Kualitas Panen Wortel Dengan Waring Sayur

3. Persiapan Pot Untuk Menanam Bunga Mawar

Pot untuk menanam bunga mawar sanggup menggunakan pot tanah, pot semen, pot plastik atau polybag. Pilihlah pot yang memiliki drainase yang baik. Ukuran pot yang digunakan sesuaikan dengan selera anda. Namun jangan menggunakan pot yang begitu kecil, pilih pot dengan diameter minimal 25 cm. Jangan juga menggunakan pot yang terlalu besar, semoga anda tidak kesulitan jikalau ingin memindahkan tanaman bunga mawar ketempat lain.


4. Cara Menanam Bunga Mawar

Dasar pot diisikan dengan batu ataupun penggalan genting supaya air mudah keluar serta media tanam tak terlalu lembab ataupun becek. Diatasnya diisi dengan media tanam sebanyak setengah dari tinggi pot keseluruhan. Buka polybag pembibitan secara hati-hati semoga media tidak pecah. Kemudian bibit di letakkan ditengah-tengah pot serta tambahkan media tanam hingga media semai tertutup. Usahakan supaya pangkal batang tak tertutup oleh media tanam. Lalu tekan – tekan media tanam dengan perlahan supaya bibit mawar sanggup bangkit tegak serta tidak roboh ketika disiram. Setelah penanaman selesai, siram tanaman serta letakkan pot pada kawasan yang tidak terkena sinar matahari eksklusif atau kawasan yang terlindung semoga tanaman beradaptasi. Sesudah kurang lebih 1 minggu, perkenalkan tanaman bunga mawar dengan cahaya matahari dengan bertahap.

5. Perawatan & Pemeliharaan Bunga Mawar

Perawatan serta pemeliharaan tanaman bunga mawar dalam pot mencakup penyiangan serta penyiraman. Siram tanaman seperlunya saja, sanggup satu atau dua kali sehari. Penyiraman diubahsuaikan dengan kondisi media tanam. Jangan menyiram secara berlebihan, media tanam yang terlalu lembab sanggup menjadikan akar tanaman bunga mawar membusuk serta mati. Penyiangan juga perlu dikerjakan semoga tanaman bunga mawar tidak terganggu oleh rumput liar.

Jika Anda membutuhkan polybag dengan harga murah, silahkan menghubungi kami untuk pemesanan dan pembelian. Info lebih lanjut silahkan sms/call pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564.

CATATAN :
– Harga netto (belum termasuk PPN)
– Harga tidak mengikat sanggup berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)
5 Cara Jitu Budidaya Bunga Mawar Di Polybag 5 Cara Jitu Budidaya Bunga Mawar Di Polybag Reviewed by Yoyon Oke on Mei 09, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.