HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Lada Perdu Di Polybag

Lada perdu yakni suatu tumbuhan varietas lada yang sering dibudidayakan guna menjawab problem ongkos budidaya lada panjat yang mahal serta guna mengatasi problem makin sulitnya mendapat tiang panjat. Oleh lantaran itu, guna meningkatkan efisiensi serta meningkatkan produksi nasional haruslah ditemukan jalan alternatifnya atau cara budidaya yang lebih murah serta tanpa harus menurunkan produktivitas tumbuhan itu sendiri, yang antara lain dengan menerapkan budidaya lada perdu.

Beberapa keunggulan serta laba budidaya lada perdu ialah tak membutuhkan tiang panjat, ongkos produksi yang lebih murah, perawatan yang lebih mudah, pemanenan akan lebih mudah, sanggup ditumpang sela dengan tumbuhan tahunan, ataupun sanggup ditumpangsari dengan tumbuhan semusim. Keunggulan lainnya dari adanya lada perdu ialah sanggup dibudidayakan pada area lahan yang sempit lantaran lada perdu sanggup ditanam menggunakan polybag.

1. Pembibitan Lada Perdu

Bibit lada sanggup Anda dapatkan dari setek cabang primer serta sekunder ataupun menggunakan cabang primer yang bersetek tapak atau menyertakan sulurnya yang panjang. Tetapi kalau dirasa begitu sulit, Anda sanggup membeli bibit di toko bibit atau toko-toko tanaman. Kalau telah diperoleh, berikutnya bibit setek itu di semai pada wadah polybag dengan menggunakan media tanam menyerupai adonan tanah, pupuk tricokompos serta pasir dengan menggunakan perbandingan 7 : 3 : 1.

Sesudah bibit disemai pada polybag, tutuplah kembali dengan plastik yang sanggup dimasuki cahaya matahari yang berintensitas sekitar 60%-70% saja. Apabila mempunyai ongkos lebih, Anda sanggup memasang jaring guna melindungi biji lada dari adanya hama. Penyemaian itu dikerjakan hingga bibit berusia 3-4 bulan ataupun hingga bibit mempunyai akar yang baik serta besar lengan berkuasa guna kemudian dipindahkan ke media tanam baru.

BACA JUGA

2. Penanaman Lada Perdu

Pertama, siapkan dahulu polybag tanam yang mempunyai ukuran berkisar 60x40 cm serta selanjutnya diisi dengan media tanam semisal tanah, pupuk kandang, pupuk trichokompos, kompos serta tricoderma dan kemudian diamkan sekitar 2 minggu. Sesudah itu, kerjakan proses penanaman. Supaya tumbuhan lada perdu tumbuh secara optimal, kerjakan penanaman dengan rutin tiap tahun dengan menggunakan pupuk sangkar serta beri pupuk berupa Trichokompos 4x dalam setahun.

3. Perawatan Lada Perdu

Tak hanya diberikan pupuk, kerjakan juga proses perawatan lainnya menyerupai antara lain :

- Melindungi tumbuhan lada perdu dari adanya jamur, lantaran cabang yang rimbun akan menciptakan lada perdu simpel terjangkit penyakit
- Penanganan hama serta penyakit sanggup Anda kerjakan dengan cara memanfaatkan agensi hayati ataupun biopestisida, penyakit anyir pada pangkal batang sanggup Anda kendalikan dengan cara memanfaatkan jamur Tricoderma, penyakit kuning sanggup diatasi dengan memanfaatkan baktero Pasteuria penetrans, hama walang sangit sanggup Anda tangani dengan menggunakan jamur Beuveria bassiana.
- Guna pengendalian yang lainnya yakni menggunakan biopestisida, Anda sanggup membuatnya dengan ekstrak biji buah bengkuang, tepung cengkeh serta ekstrak dari akar tuba.

4. Pemanenan Lada Perdu

Setelah segala perjuangan telah Anda kerjakan guna memperoleh hasil yang maksimal. Kini waktunya Anda mengerjakan proses pemanenan pada lada perdu. Perlu diingat, kalau pemanenan pula memerlukan jangka waktu, cara serta pula pengambilan hasil secara periodik. Maka tak sanggup Anda kerjakan proses panen tiap hari. Bunga di tahun awal dibuang atau tak dibuahkan semoga tumbuhan rimbun serta kokoh dahulu.

Sesudah itu tahun berikutnya bunga dibuahkan serta dikala di panen selang sekitar 9 bulan ke atas, maka dikala masuk tahun ke-3 nya, tumbuhan lada perdu barulah sanggup Anda panen. Pemanenan sanggup dikerjakan rutin tiap 1 ahad sekali. Cirinya ialah tangkai agak menguning dengan buah matangnya berwarna kuning ataupun merah. Hal itu menunjukan lada siap guna dipanen dan kemudian dijual kepada pengepul. Kerjakan pemanenan dengan memetik pada bab pangkal tangkai buah yang ada pada tepi batang maka semua bab buah lada akan eksklusif terambil.

Setelah terkumpul, pipil kemudian pisahkan buah lada dari bab tangkainya kemudian masukkan didalam karung. Rendam sekitar 1 minggu, angkat serta buang kulit pada buahnya. Pisahkan bab bijinya serta jemur hingga kering gres sanggup Anda jual. Biji dari lada perdu yang telah Anda panen sanggup dijual untuk dijadikan lada hitam ataupun lada putih. Catatan saja, proses pemanenan tiap demam isu kemarau bakal sangat membantu pada tahap pengeringan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Lada Perdu Di Polybag"

Posting Komentar