Budidaya Buah Naga Gampang Tumbuh Dalam Polybag

Buah naga kini ini masuk didalam jenis buah yang banyak disukai oleh mesyarakat di Indonesia, lantaran buah tersebut mempunyai rasa asam anggun nan lezat. Tak hanya itu, buah naga ini pun juga mempunyai berbagai kandungan vitamin yang baik bagi badan Anda. Buah naga termasuk tumbuhan yang tergolong ke dalam keluarga kaktus. Buah naga ini juga identik dengan buah dari Asia, padahal fakta aslinya buah naga ini berasal dari negara Amerika Tengah, Amerika Selatan, serta juga Meksiko.



Budidaya buah naga sendiri dirasa amat cocok Anda kerjakan di tempat yang beriklim tropis menyerupai misalnya di Indonesia. Tumbuhan ini sudah banyak dibudidayakan di wilayah yang mempunyai ketinggian antara 0-300 meter di atas permukaan maritim dengan tingkat curah hujan sekitar 720 mm/tahun. Suhu yang ideal guna budidaya buah naga ialah 26-36 derajat celcius.

1. Pemilihan Bibit

Terdapat 2 cara menanam buah naga didalam polybag yakni sanggup menggunakan bijinya secara generatif serta menggunakan polybagongan batangnya secara vegetatif. Cara penanaman buah naga didalam polybag menggunakan bijinya jarang dikerjakan lantaran memakan waktu produksi yang sedikit jauh lebih lama. Cara penanaman buah naga didalam polybag menggunakan polybagongan batangnya dikerjakan dengan cara memangkas batang pohon induk yang mempunyai keadaan sehat, renta serta telah berbuah sebanyak 3- 4 kali. Batang tersebut warnanya hijau gelap kelabu dengan tingkat ukuran ideal sepanjang 20 – 30 cm. polybagongan dari batang tumbuhan induk itu kemudian didiamkan hingga getah mengering semoga tak praktis busuk.

BACA JUGA

2. Persiapan Media Tanam

Untuk mengerjakan cara budidaya buah naga di polybag, Anda sanggup menggunakan polybag apa saja dengan diameter sekitar 40-50 cm, tetapi lebih baik jikalau polybag berukuran pas. Polybag dipilih dikarenakan telah ada beberapa lubang untuk tempat keluarnya air berlebih dari atas tanaman, hal itu juga memudahkan Anda memantau tanah dalam polybag. Guna media tanamnya, Anda sanggup menggunakan adonan tanah, bubuk bata merah, pasir, kompos serta juga pupuk sangkar dengan perbandingan sekitar 1:2:2:1:3. Jikalau diharapkan juga, tambahkan 100 gram dolomite serta sekitar 20 gram pupuk NPK ke adonan tadi.

3. Penanaman Bibit

Masukkan adonan media tanam hingga 80 persen dari volume polybag. Buat 3 lubang tanam dengan ukuran diameter sekitar 6 cm serta kedalaman sekitar 10 cm. Isikan tiap lubang tanam dengan beberapa cuilan batang yang telah disiapkan. Padatkan media tanam tersebut di tiap pangkal bibit buah naga. Sirami secukupnya, jangan hingga menggenangi pangkal dari batang. Pakailah tiang panjat guna mengikat bibit maka bibit buah naga tak akan praktis roboh. Taruh polybag buah naga di area yang terkena cahaya matahari terutama dikala pagi hari.

4. Perawatan Tanaman

- Proses penyulaman yakni penggantian tumbuhan buah naga yang mati ataupun anyir pangkal batang. Penyulaman tumbuhan buah naga ini lebih baik dikerjakan seminggu sehabis menanam bibit buah naga di polybag.
- Siram tumbuhan buah naga dengan teratur secukupnya sehabis hari ke-10 setelah masa penanaman atau sesuai keadaan lahan. Penyiraman sanggup Anda kerjakan seminggu sekali hingga usia 6 bulan atau kalau keadaan tanah kering ataupun dikala isu terkini kemarau maka penyiraman sanggup dikerjakan 5 – 7 hari sekali. Ketika tumbuhan buah naga telah mulai berbunga, kerjakan penyiraman setiap 10 – 14 hari sekali. Penyiraman lebih baik dikerjakan waktu pagi. Penyiraman tak dikerjakan lagi kalau buah telah membesar seukuran kepalan tangan, meskipun masih hijau sedikit kemerahan di bab kulitnya.
- Pemangkasan tumbuhan buah naga ini diharapkan untuk membentuk cabang gres serta cabang produktif, umumnya dikerjakan semenjak tumbuhan sudah berusia 2-3 bulan. Kerjakan pemangkasan di ujung batang hingga menyisakan 40-60 cm dari media tanam. Kelebihan tinggi tumbuhan lebih dari 140-170 cm perlu dipangkas. Umumnya dari batang pokok bakal tumbuh sebanyak 3-4 tunas cabang baru, pilih satu satu tunas yang perkembangannya paling baik serta cepat, serta juga buang tunas lainnya.

5. Pemanenan Buah

Tumbuhan buah naga didalam polybag umumnya bakal mulai berbunga pada usia kurang lebih sekitar 6 bulan. Dibutuhkan juga waktu selama 50-55 hari guna memperoleh buah siap petik dari bab kuncup bunga. Petiklah buah yang ditandai dengan warna merah di seluruh bab kulit buah. Rekahan bakal timbul pada buah yang sudah terlambat dipetik yang sanggup menjadikan buah cepat rusak. Proses panen dikerjakan dengan cara memotong bab tangkainya dengan menggunakan gunting ataupun pisau tanpa harus merusak kulit buah. Ukuran dari buah yang Anda panen dari buah naga di polybag akan bergantung dari beberapa hal, yakni mencakup jenis tumbuhan buah naga, pengaturan lahan tanam yang baik, penyiraman air secukupnya, pemupukan, pemangkasan, dan juga yang lainnya.
Budidaya Buah Naga Gampang Tumbuh Dalam Polybag Budidaya Buah Naga Gampang Tumbuh Dalam Polybag Reviewed by Yoyon Oke on Maret 03, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.