Panduan Lengkap Cara Budidaya Flora Hias Daun Anthurium

Anthurium ialah tumbuhan hias daun yang berasal dari Amerika. Di tempat asalnya, tumbuhan ini sanggup tumbuh baik dalam cuaca tropis mirip Amazon. Salah satu jenis tumbuhan hias Anthurium yang pernah nge-hits di Indoneisa ialah Jenmanni. Apabila Anda tertarik untuk dengan tumbuhan hias daun ini, berikut Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Hias Daun Anthurium.

Salah satu daya tari tumbuhan hias daun Anthurium ialah pada bentuk dan teladan urat daunnya. Daun Anthurium  yang berwarna hijau mengkilap, kompak dan  terlihat kokoh ibarat lembaran-lembaran baja dihias serat daun yang rapi. Yang mengakibatkan tumbuhan hias daun ini bernilai bisnis tinggi ialah alasannya tumbuhan ini mempunyai pertumbuhan yang lambat. 1 tumbuhan Anthurium gres akan timbul daun sesudah 2-3 bulan semenjak ditanam. Buat penggemar Anthurium, biarpun perkembangannya lama, nanum sebanding dengan keindahan yang dihasilkan tumbuhan hias daun ini. 

BACA JUGA
  1. Tingkat Kekeringan Rumput Laut Merata Dengan Mengaplikasikan Plastik UV 6%

  2. Rahasia Sukses Berkebun Dengan Minim Biaya Perawatan

  3. Budidayanya Sederhana, Namun Hasil Panen Melimpah!!
  4. Produksi Garam Lebih Maximal Dengan Tenda Prisma Plastik UV


Faktor Yang Mendukung Tanaman Hias Daun Anthurium Tumbuh dengan Baik

Media Tanam

Tanaman hias daun Anthurium sanggup tumbuh pada tempat dengan ketinggian 1.400m dpl. Intensitas sinar matahari yang baik ialah sekitar 30-60%. Intensitas cahaya matahari secara eksklusif akan menciptakan daun tumbuhan ini menjadi berwarna kuning. Sebaliknya kalau kekurangan cahaya, pertumbuhannya akan menjadi lambat. Budidaya tumbuhan hias daun Anthurium dalam skala besar biasanya menggunakan paranet sebagai media untuk menaungi. Pilih paranet yang mempu menyerap sinar matahari hingga 70%.

Daun Anthurium akan tumbuh baik pada suhu 18-20 derajat celcius pada malam hari dan 27-30 derajat celcius pada siang hari.

Meskipun Anthurium sanggup tumbuh aneka macam madia tanam, namun akan lebih baik kalau menggunakan media tanam bersifat porous. Yaitu adonan antara sekam bakar, sekam biasa dan pasir. Ini penting untuk diperhatikan, alasannya pertumbuhan daun yang baik akan bergantung dari media tanam yang baik pula.

Perhatikan pula sirkulasi udara dalam wadah atau pot yang digunakan.

Untuk menghindari serangan jamur, lakukan perendaman dalam larutan anti jamur (fungisida) terhadap media tanam sebelum dimasukkan ke dalam pot. Jika tumbuhan Anthurium sudah mulai tumbuh besar, perhatikan pertumbuhan akarnya. Apabila media pot sekiranya sudah tidak menampung, pindahkan ke pot yang lebih besar.

Contoh Campuran dan Komposisi Media Tanam:

Sekam bakar dan cacahan pakis dengan perbandingan 4:1. Bisa ditambahkan pupuk dekastar atau oskomot atau pupuk sangkar yang telah difermentasi.
Sekam bakar, andam dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1:1
Humus, pupuk sangkar dan pasir dengan perbandingan 5:5:2

Pemeliharaan & Perawatan

Pemeliharaan tumbuhan hias daun Anthurium mencakup parawatan tanaman, penyiraman dan pemupukan. Penyiraman dilakukan sehari sekali, jaga biar air tidak menggenang. Sedangkan pemupukan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara pada Anthurium. Berikan pupuk decastar setiap tiga bulan sekali. Untuk perkembangan daun, berikan pupuk grownmore, yang diberikan/dicampur pada ketika penyiraman, sanggup sati ahad sekali.

Daya tarik tumbuhan Anthurium ialah daun, oleh itu diharapkan perawatan ekstra terhadap daun. Daun Anthurium perlu dirapikan biar terlihat tetap segar, tidak kotor, dan warna hijaunya tetap mengkilap. Membersihkan daun sanggup dilakukan dengan menggunakan tissue berair dengan mengelapnya di daun. Untuk menghindari daun yang menguning, tempatkan Anthurium biar tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Memperbanyak Tanaman Anthurium

Perbanyakan tumbuhan hias daun Anthurium sanggup dilakukan dengan dua cara, generatif dan vegetatif.

Generatif
Anthurium ialah jenis tumbuhan berumah satu (ada 2 jenis kelamin dalam 1 tanaman). Namun dalam prosesnya, penyerbukan sangat jarang terjadi pada kasus Anthurium. Hal tersebut dikarenakan bunga jantan dan bungan betina tidak masak dalam waktu bersamaan. Maka yang sanggup dilakukan adalan penyerbukan buatan yang dilakukan secara silang. Pelaksanaan ini justru akan sanggup memperoleh varietas gres yang lebih cantik.

Serbuk sari atau bunga jantan yang sudah masak pada Anthurium akan berwarna kuning dan gampang rontok. Sedangkan untuk bunga betina ditandai dengan adanya lendir pada putik daun. Biasanya bunga betina siap diserbuki pada 2-3 ahad sesudah mekar, atau sanggup menandai dengan adanya serangga yang tiba ke bunga itu. Jika keduanya (bunga jantan & betina) sudah siap segera lakukan proses penyerbukan buatan. waktu terbaik untuk ini ialah pada pagi hari antara pukul 7-10. Oleskan serbuk sari yang telah higienis ke cotton bud dan oleskan ke putik bunga yang lengket.

Kemudian tutup bab bunga dengan kantong plastik selama 2 bulan. Sesudah itu, lepas bunga dari pohon dan rendam dalam aquades selama 10 menit biar biji yang melekat sanggup terpisah. Biji biji inilah yang sesudah dikeringkan akan siap untuk disemai.

Vegetatif
Cara memperbanyak Anthurium selanjutnya ialah dengan cara vegetatif. Kelebihan dari cara ini ialah proses perbanyakan akan lebih cepat, tumbuhan akan tumbuh lebih cepat pula. Namun kekurangannya adalah, alhasil tidak sanggup sebanyak dengan cara generatif. Adapun langkah langkah memperbanyak Anthurium dengan cara vegetatif ialah sebagai berikut:
Angkat tanaman
Cabut Anthurium dari medianya. Bersihkan media yang masih melekat pada akar Anthurium.
Potong bonggol
Bonggol dipotong menjadi 2 bagian. Penting: kedua potongan harus mempunyai akar.
Oleskan ZPT
Bekas potongan olesi dengan ZPT yang bertujuan biar merangsang pertumbuhan.
Tanam kembali
Kedua baggian potongan di tanam dalam media pot yang terpisah. Media tanam juga harus steril dan porus.

Bagi Anda yang tertarik dengan tumbuhan hias Anthurium, sekarang Anda sanggup membelinya secara online. Tidak perlu khawatir alasannya ada garansi tumbuhan hidup selama 14 hari semenjak tumbuhan hias diterima. Juga Anda akan mendapat panduan cara menanam tumbuhan hias anthurium secara cuma-cuma.

Demikian Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Hias Daun Anthurium. Semoga bermanfaat bagi Anda yang tertarik terhadap tumbuhan hias yang satu ini.
Panduan Lengkap Cara Budidaya Flora Hias Daun Anthurium Panduan Lengkap Cara Budidaya Flora Hias Daun Anthurium Reviewed by Yoyon Oke on Februari 10, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.