Cara Budidaya Buah Strawberry

 Strawberry ialah flora yang berbuah elok dengan rasa yang nikmat dan sekaligus menyegarkan. Strawberry termasuk buah yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini dikarenakan acara budidaya tumbuhan strawberry sudah dilakukan oleh para petani semenjak usang untuk memperbanyak hasil produksi sebab mengetahui bahwa strawberry termasuk buah yang disukai banyak orang. Buah strawberry sering dijadikan masakan atau minuman, ibarat selai, jus, dan masih banyak lagi. 

Kegunaannya juga bukan sebatas dimakan, kemudian terasa nikmat, dan timbul cita-cita untuk mengonsumsinya lagi. Lebih dari itu, strawberry juga tercatat mengantongi bermacam-macam kandungan yang memberi imbas manfaat terhadap kesehatan dan kecantikan.
Dari laba dan manfaat yang diberikan, niscaya banyak orang (bukan hanya petani) yang terpikat untuk berusaha dalam membudidayakan strawberry. Apakah Anda juga menginginkan hal serupa? Berkebun sendiri memang mudah, selain meningkatkan kemampuan bertani, acara pembudidayaan juga bisa menciptakan Anda bakir dalam melihat peluang perjuangan dalam bidang agribisnis.


  • Cara Menanam Strawberry dipolybag
Untuk membudidayakan strawberry, kita tidak membutuhkan lahan luas. Cukup dengan meyediakan pot atau polybag, kita sudah bisa membudidayakan tumbuhan buah strawberry. Ada beberapa tahapan yang harus Anda lewati, berikut akan tanamtanaman.com ulas cara menanam strawberry di polybag yang bisa dilakukan di halaman pekarangan rumah.


  • Syarat Tumbuh Strawberry
Dalam mengerjakan suatu hal yang baru, kita perlu mengetahui informasi selengkap-lengkapnya untuk melancarkan proses supaya tidak terjadi kebuntuan sebab galau harus apa selanjutnya. Setali tiga uang dengan budidaya seledri, sebelum melaksanakan penanaman stroberi, Anda harus tahu syarat tumbuh tumbuhan strawberry.


  •   Berikut syarat tumbuh tumbuhan strawberry:
Keuntungan yang maksimal akan diperoleh jikalau tumbuhan strawberry ditanam di dataran tinggi sekitar 1.000 – 1.500 meter dari permukaan laut. Strawberry tidak bisa tumbuh dengan baik apabila curah hujan terus tiba setiap hari. Tanaman strawberry ini tentu berkembang dengan baik dan memperlihatkan buah dengan warna dan rasa yang tepat apabila ditanam di kawasan yang curah hujan 600 – 700 mm per tahun.

Buah stroberi termasuk tumbuhan subtropis yang bisa tumbuh di Indonesia dengan baik. Namun, tumbuhan strawerry ini hanya akan lebih baik untuk menyesuaikan diri di dataran tinggi dengan temperatur suhu 17 – 20 derajat celcius.
Pertumbuhan strawberry akan berlangsung dengan baik sehabis mendapat sinar matahari selama 8 -10 jam setiap harinya.


Tingkat kelembaban udara yang menstimulus pertumbuhan strawberry antara 70 – 80%.
Kadar keasaman tanahnya atau pH tanah yang ideal untuk budidaya tumbuhan strawberry di dalam polybag atau pot ialah sekitar 6,5 – 7,0.
Media tanam untuk budidaya strawberry tabulampot harus mempunyai sifat poros, gampang menelan air, dan ketersediaan unsur hara selalu ada.
Cari atau belilah bibit tumbuhan strawberry di toko tumbuhan terdekat atau kalian bisa menggunakan pembibitan vegetatif menggunakan cara mengambil penggalan batang tumbuhan sebagai asal mula strawberry. Setelah bibit tersedia, siapkan juga polybag dan media pengisinya.

 Media pengisi dibentuk dari susunan tanah dan pupuk kompos atau pupuk sangkar dengan perbandingan masing-masing 1:1 sehabis itu masukan gabungan tanah dan pupuk kompos ke dalam polybag, pot, atau karung yang kalian jadikan wadah untuk tanaman. Buatlah lubang, kemudian tanam bibit strawberry atau batang strawberry ke dalamnya.Siram bibit tersebut setiap pagi dan sore, setiap hari. Jaga selalu tingkat kelembaban tanah. pastikan kebutuhan air pada media tanam supaya bibit tumbuhan strawberry cepat tumbuh.
sehabis bibit tumbuhan strawberry sudah ditanam, sehabis itu hanya tinggal memperlihatkan perawatan dan pemeliharaan.
  • Cara Perawatannya
Penyiraman. Siram tumbuhan strawberry dengan embrat secara rutin dari masa awal tanam hingga memasuki fase generatif. Lakukan penyiraman secara intensif, bila perlu buat jadwal. Pastikan bahwa kalian memelihara angka kelembaban media tanam, jangan hingga tanah kering. Penyulaman. Asalkan tumbuhan strawberry ada yang menghadapi gangguan pertumbuhan, tidak tumbuh sempurna, rusak, dan bahkan mati, maka lakukan langkah penyulaman. Ganti tumbuhan yang mati dengan bibit gres pada polybag yang sama. Penyulaman sangat penting dilakukan untuk mengenali duduk kasus supaya berikutnya tidak ada lagi yang terjadi gagal panen.



Pengendalian Hama dan Penyakit. Selain disiram, Anda juga harus memperhatikan keberadaan hama. Saat ada hama yang melekat pada tanaman, pribadi dibuang atau kalian juga bisa menggunakan pestisida yang dianjurkan untuk tumbuhan strawberry. Pastikan supaya tumbuhan strawberry tidak diganggu dengan burung merpati atau burung-burung lain. Pemupukan Pohon strawberry yang sedang Anda tanam sehabis memasuki usia 2 bulan harus diberikan pupuk untuk mempertahankan kemampuan tumbuhnya. Gunakan pupuk organik atau anorganik sesuai takaran yang ditetapkan. Pada dikala memperlihatkan pupuk, pastikan supaya pupuk tidak mengenai organ tumbuhan ibarat batang, daun, dan buahnya.
 

Perampelan. Hematnya, perampelan dilakukan ketika ada batang atau tunas tumbuhan yang tumbuh berlebihan. Cara mengambil penggalan vegetatif tumbuhan yang lebih tersebut yakni dengan memotong 1 – 2 tunas di samping tumbuhan (yang umumnya merunduk) pada masing-masing pohon. Setelah itu tunas atau bakal pohon tersebut sanggup ditanam lagi sebagai bibit vegetatif atau dibuang. Pemberian Fitohormon. Banyak petani holtikultura yang mengetahui teknik memperbanyak hasil buah yakni dengan memperlihatkan hormon pada tanaman. Hormon tersebut biasanya diinjeksikan atau disuntik pada penggalan batang tanaman.

Hormon yang digunakan yakni hormon gas etilen yang akan mempercepat proses pematangan buah pada pohonnya. Kecuali gas etilen, umumnya juga digunakan hormon Indol Asam Aselat dengan giberelin untuk mempertebal ukuran batang tumbuhan serta menghasilkan buah yang banyak dan lebat. Fitohormon ialah sekelompok gabungan materi organik yang terbuat dengan cara alami maupun dibentuk oleh insan sendiri. Di dalamnya terdapat kadar yang bisa mendorong, menghambat, atau mengubah pertumbuhan, perkembangan, dan pergerakan tumbuhan. Fitohormon bisa Anda dapatkan di toko tanaman. Sebelum memakainya, kita bisa tanyakan pada forum dinas pertanian setempat.


  • Pemanenan
Setelah berumur 2 bulan, bahkan kurang, buah strawberry sudah bisa dipanen. Semuanya bergantung dengan bagaimana perawatannya. Tanaman buah strawberry yang sanggup diambil buahnya mempunyai ciri-ciri umum ialah daging buah terasa kenyal dan empuk dikala dipegang. Jika digigit mempunyai rasa yang sedikit asam. Buah yang sudah berwarna merah gampang atau merah renta dan batangnya sudah berwarna coklat kekuningan.

Pemanenan buah strawberry bisa dilakukan dengan menggunakan gunting khusus pemetikan buah atau pisau tajam. Petiklah buah strawberry dengan alat tersebut, sehabis itu basuh dan dikeringkan dengan menggunakan angin. Jika buah strawberry mau dijual, kita bisa membungkus buah strawberry tersebut menjadi beberapa bungkus untuk dijual pribadi ke biro pemasaran buah atau toko buah-buahan.

Cara Budidaya Buah Strawberry Cara Budidaya Buah Strawberry Reviewed by Yoyon Oke on Desember 30, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.