Yukk Bertani Bawang Merah Dengan Media Polybag!

 Bawang merah biasanya dipakai sebagai penyedap masakan (bumbu dapur) utama, bersama bawang putih, dalam banyak sekali masakan. Jika diiris tipis dan digoreng umbi ini menjadi taburan penyedap soto, sup, bakso dan banyak sekali masakan lainnya. rasa gurih, wangi aromanya, serta teksturnya yang crunchy menciptakan hampir setiap orang menyukainya. Tak hanya itu, ternyata bawang merah pun mempunyai khasiat untuk kesehatan sebagai obat maag, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula dalam darah, obat kencing manis, memperlancar pernafasan, dsb.


Segudang keuntungannya mengakibatkan konsumsi komoditas ini dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang signifikan. Sayangnya tidak didukung oleh produksi yang memadai. Jumlah produksi dalam negeri belum sanggup memenuhi seluruh kebutuhan akan bawang merah. Ditambah lagi dikala adanya serangan hama dan penyakit menciptakan kuantitas umbi ini menjadi sangat sedikit. Harga per kilogram pun kesudahannya menjulang tinggi.

Seluruh hal tersebut mengatakan bahwa prospek bisnis bawang merah masih terbuka dengan sangat luas di negeri ini. Berikut ialah cara budidaya bawang merah dalam polybag untuk Anda yang tertarik menjadi petani bawang merah.

Menanam bawang merah dalam polybag mempunyai beberapa keuntungan, diantaranya:
- Pengawasan terhadap bawang merah terhadap serangan penyakit/hama serta kekurangan unsur hara akan lebih mudah. Tentunya hal ini sanggup menjamin maksimalnya produksi umbi bawang merah dengan kualitas baik.
- Praktis pula menambahkan nutrien yang dibutuhkan dengan dosis per polybag, tentunya nutrien pun akan sempurna sasaran.
- Polybag berisi bawang merah sanggup disusun di rak bertingkat. Lahan yang tidak terlalu luas pun sanggup menampung sasaran kuantitas bawang merah yang ingin Anda tanam.
- Setiap polybag berisi tumbuhan bawang merah Anda sanggup dipindahkan sewaktu-waktu.
- Anda sanggup memakai banyak sekali macam dan komposisi media tanam sesuai kebutuhan.
- Harga polybag lebih murah dibandingkan dengan memakai pot.
- Pengadaan polybag gampang alasannya banyak sekali toko pertanian jual polybag. Pun mudah dalam hal pengangkutan (bandingkan space pengangkutan 300 kg polybag dan 3000 pot plastik).

Langkah-Langkah Menanam Bawang Merah
  • Menyiapkan media tanam
     Media tanam yang dibutuhkan bawang merah yaitu tanah yang gembur, pupuk kandang/kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Tambahkan pupuk SP-36 sebanyak 3 gram ditambah 1 sendok kecil furadan per polybag, kemudian campur dengan rata. Masukkan dalam polybag, siram air, kemudian biarkan terlebih dahulu selama dua hari. Ukuran polybag yang dipakai yaitu 30x40 cm.
  • Menanam dan Memupuk
     Tiap polybag ditanami 3 umbi bawang merah dengan jarak 5 cm per umbinya. Umbi ditanam hingga penggalan lehernya. Setelah itu umbi-umbi dalam polybag tersebut perlu dipupuk memakai pupuk NPK (16-16-16) sebanyak 1 gram per polybagnya. Siramkan pupuk seminggu sekali hingga bawang berumur 6 minggu.
  •  Memelihara dengan cara disiram
     Bawang merah membutuhkan air yang cukup, tidak kurang namun juga tidak terlalu banyak. Terlalu banyak air akan menciptakan umbi bawang merah Anda menjadi busuk. Anda perlu menyiraminya satu hingga dua kali sehari di isu terkini kemarau. Namun sesudah usianya 2 bulan, penyiraman tidak perlu dilakukan terlalu sering supaya umbi bawang segera bau tanah dan berisi.
  • Memanen
     Jika daun tumbuhan bawang merah Anda telah menguning, leher batang telah kosong, dan umbi telah muncul ke permukaan tanah berwarna kemerahan itu tandanya bawang merah Anda siap dipanen. Biasanya bawang merah untuk dijual (konsumsi) dipanen si usia 3 bulan, sementara bawang merah yang ingin Anda jadikan bibit kembali sebaiknya dipanen diusia 100 hari.  Sebelum dijual bawang merah sebaiknya dijemur hingga kering terlebih dahulu untuk mendapatkan harga jual yang lebih tinggi.
Kami, CV. Lim Corporation ialah biro dan pabrik polybag yang siap mendapatkan pesanan polybag murah untuk pembelian dengan jumlah banyak. Kami menyediakan polybag tanaman yang berkualitas dengan harga yang pantas.

Yukk Bertani Bawang Merah Dengan Media Polybag! Yukk Bertani Bawang Merah Dengan Media Polybag! Reviewed by Yoyon Oke on November 09, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.