Tips Cara Budidaya Cabe Memakai Plastik Polybag

 Plastik polybag ialah sebuah wadah plastik yang bentuknya segiempat serta umumnya mempunyai warna ibarat hitam, putih, serta transparan. Polybag juga umumnya digunakan sebagai wadah ataupun kawasan guna menanam tanaman. Polybag pula mempunyai bermacam-macam jenis ukuran. Umumnya ukuran polybag menyelaraskan dengan tumbuhan atau tumbuhan apa yang mau ditanamkan.

  Ada yang ukurannya kecil yang umumnya digunakan guna pembibitan, ada pula yang ukurannya besar umumnya digunakan guna menanam tumbuhan yang telah hampir berbuah masak. Dalam memilih jenis ukuran polybag sendiri, hal yang perlu diperhatikan ialah bentuk akar dari suatu tumbuhan atau tanaman, perkembangan tumbuhan yang bakal ditanamkan kemungkinan bakal tumbuh atau juga tidak, serta lahan guna bercocok tanam.

Polybag sendiri identik dengan ditanami tumbuhan yang tak terlalu ribet cara budidayanya ibarat contohnya cabai, menanam cabai dalam polybag memang gampang-gampang susah, mengingat banyaknya musuh tumbuhan cabai ibarat hama dan binatang penggangu tumbuhan ini. Cabai atau cabai ialah suatu buah serta tumbuhan beranggota genus capsicum. Buahnya bisa dikelompokkan sebagai jenis sayuran ataupun bumbu, tergantung dengan bagaimana digunakan. Kalau sebagai bumbu, buah cabai yang mempunyai rasa pedas memang amat terkenal di Asia Tenggara untuk dijadikan penguat rasa untuk makanan. Untuk seni kuliner Padang, cabai juga bahkan dipercaya sebagai "bahan kuliner pokok" urutan ke sepuluh. Jadi, amat sulit untuk kuliner Padang kalau dibentuk tanpa menggunakan cabai.

Bagi Anda yang tertarik ataupun minat untuk membudiyakan atau menanam tumbuhan cabai ini, dikebun maupun halaman rumah dengan menggunakan plastik polybag. Anda sanggup menyimak dan mempraktikan ataupun sekedar untuk pengetahuan saja, perihal pembahasan mengenai cara budidaya cabai di polybag dengan mudah dan praktis. Tahapan caranya, antara lain :

  • Persiapan Media Tanam
Media untuk penanaman cabai di polybag perlu gembur serta juga kaya akan materi organik tentunya. Caranya untuk membuatnya yaitu : Campur tanah, arang sekam serta pupuk kompos dengan angka perbandingan yakni 1: 1 : 1. Kalau Anda tak mau kerepotan, Anda bisa membeli tanah kemasan yang banyak dijual di toko-toko pertanian ataupun toko perkebunan. Isilah polybag hingga penuh, berikan pupuk awal ibarat NPK sebanyak 1 sendok teh setiap plastik polybag. Sirami plastik polybag dengan air dengan cara perlahan. Lalu diamkan saja tanah tersebut selama 5 hari.

  •  Pembibitan Cabai
Pembenihan atau pembibitan cabai bisa dikerjakan dengan cara menanam secara eksklusif biji cabai dalam suatu media yang sudah Anda sediakan sebelumnya. Namun, hal ini pun tak sanggup menjamin jikalau tumbuhan cabai Anda bakal terhindar dari hama dan penyakit. Guna cara pembibitan cabai yang baik bisa Anda kerjakan dengan cara yakni sebagai berikut :

- Biji cabai direndam menggunakan air panas yang telah dicampurkan dengan cairan fungisida, ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) sebanyak 0,01 % serta bakterisida selama sekitar 1 hari. Kalau tak mau repot lagi, benih atau biji caba yang unggul bisa Anda dibeli dan dapatkan di toko pertanian atau perkebunan.
- Tiriskan bibit cabai tersebut dan kemudian letakkan dalam kawasan penyemaian yang sudah dilapisi dengan kain basah.
- Keesokan harinya, bibit dari cabai yang sudah keluar tunas segera dipindah ke salah satu polybag untuk penyemaian yang telah berisi pupuk sangkar serta tanah.
- Taruh bibit di lahan yang teduh atau tak terkena sinar matahari secara langsung. Lalu biarkan bibit cabai hingga selama 3-4 minggu.

  •   Pemindahan Cabai ke Polybag
Tahapan cara untuk pemindahan tumbuhan cabai ke dalam wadah polybag yang baik ialah sebagai berikut:
- Pindahkan benih dari tumbuhan cabai yang telah muncul daun sebanyak kira-kira 3-4 lembar sekitar 2-3 minggu.
- Tanam biji sebatas akar, tutup kembali dengan menggunakan tanah di sekeliling.
- Kerjakan penyiraman secara perlahan supaya tanah tak merusak akar pada tanaman.

  • Pemupukan Tanaman
Guna memperoleh hasil yang dirasa maksimal, tumbuhan cabai memerlukan juga pemanis nutrisi yang cukup. Oleh lantaran itu, diperlukan suatu proses pemupukan. Adapun yang perlu Anda perhatikan dalam tahap ini antara lain :
- Sesudah tumbuhan cabai berusia 30-40 hari setelah tanam maka tumbuhan cabai harus diberikan pupuk susulan. Pupuk susulan ini terdiri atas dari larutan sebanyak 5 liter air yang dicampur dengan 50 gr pupuk NPK serta 5 gr KNO3.
- Pemberian pupuk kemudian dilanjutkan selama 1 bulan sekali dengan penambahan masing-masingnya 25 gr guna pupuk NPK serta 5 gr guna pupuk KNO3.
- Pupuk pemanis ibarat teladan pupuk daun serta Zat Perangsang Tumbuh (ZPT) bisa ditambahkan berdasarkan kondisi fisik tumbuhan serta tentunya selera. Guna takaran pemakaiannya, perhatikan juga hukum pakai didalam label kemasan yang tercantum.

  •  Pemeliharaan & Perawatan
Kerjakan proses penyiraman, dengan rajin rutin serta kalau telah tumbuh besar lengan berkuasa taruhkan di area kawasan terbuka, Sebab tumbuhan cabai memerlukan banyak cahaya matahari.
Sesudah usia tumbuhan cabai di polybag sekitar 1 minggu, berilah penopang batang tumbuhan dari bambu yang sudah dibelah. Hindarkan juga tumbuhan cabai dari serangan hama gulma atau rumput yang kerap mengganggu. Kerjakan perempelan pada pecahan daun yang tumbuh dan berada dibawah batang utama tanaman.

  •  Pemanenan
Hal-hal yang perlu Anda perhatikan betul-betul dalam proses pemanenan cabai ialah antara lain :
- Panen cabai bisa Anda kerjakan pada usia 10-11 ahad setelah masa tanam.
- Pemanenan bisa dikerjakan tiap 1 x dalam 1 ahad kalau berdasarkan dari kebiasaan serta kebutuhan sendiri.

Nah, polybag juga mempunyai beberapa keunggulan dan juga laba tersendiri dalam penggunaannya sebagai wadah untuk budidaya tanaman, ibarat teladan antara lain :
– Lebih memudahkan Anda dalam hal perawatan tumbuhan dan tumbuhan
– Memudahkan juga aktivitas penyortiran atau penyeleksian bibit tanaman
– Cukup menghemat penggunaan area lahan tanam
– Gampang dipindahkan kawasan dan memudahkan aktivitas pengangkutan ke area lahan penanaman
– Dapat menghemat pemakaian pupuk serta penggunaan air
Memang intinya polybag serta pot plastik, keduanya termasuk kawasan wadah dengan ukuran luas yang terbatas. Namun masing-masingnya mempunyai perbedaan sendiri jikalau dilihat dari segi bahan, bobot, bentuk, harga, sifat fisik, dan juga lain sebagainya.

Dipilihnya plastik polybag untuk dijadikan media taman lantaran media tersebut memang mempunyai keunggulan yang tak perlu diremehkan lagi, ibarat teladan anta lain : murah, tahan karat, serta juga mudah untuk diperoleh. Tak hanya itu, untuk sistem aerasi, drainase, serta porous atau perembesan air wadah ini amat baik maka tumbuhan bisa tumbuh dengan subur.
- Menanam diadlam media tanam polybag bisa untuk menghindari penyakit ibarat tular tanah
- Polybag juga sanggup digunakan berkali-kali setelah di treatment
- Herga barangnya yang murah dan terjangkau
- Gampang untuk dijumpai dimana pun saja, semisal toko perkebunan atau pertanian
- Lebih menghemat ruang kawasan atau ruang
- Bisa memilih nutrisi guna tumbuhan yang Anda tanam dalam polybag itu sendiri

Untuk kualitas polybag sendiri, bisa dibedakan berdasarkan kemampuan dan mutu polybag bisa dibagi dalam tiga kategori, yaitu antara lain :
– Polybag Kw Super : Memiliki daya tahan bertahan hingga 12 bulan atau juga bisa lebih usang lagi
– Polybag Kw Biasa : Memiliki daya tahan hinnga 6 bulan atau juga bisa lebih usang lagi
– Polybag Original : Memiliki daya tahan hingga 24 bulan bisa lebih usang lagi

Kalau untuk jenis ukuran sendiri, beberapa teladan jenis ukuran polybag serta yang bermanfaat bagi Anda, antara lain ialah :

- Polybag ukuran 8 x 9 cm
-Polybag ukuran 10 x 15 cm
- Polybag ukuran 12 x 17 cm
- Polybag ukuran 17.5 x 40 cm
- Polybag ukuran 40 x 50 cm

  Kami sebagai Pabrik dan Distributor plastik polybag yang cocok digunakan untuk wadah pembibitan tanaman, menjual polybag dengan murah dan terjangkau untuk Anda dengan cara online. Untuk kualitas tentunya Anda tak perlu meremehkan lagi, plastik polybag yang kami produksi, kami datangkan eksklusif dari pabrik pembuatnya. Segera hubungi kami jikalau Anda sedang membutuhkan polybag murah untuk bibit tanaman. Anda tinggal memesan kemudian menghubungi kami untuk isu harga dan ukuran polybag lebih jelasnya. Terima Kasih!
Tips Cara Budidaya Cabe Memakai Plastik Polybag Tips Cara Budidaya Cabe Memakai Plastik Polybag Reviewed by Yoyon Oke on November 05, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.