Mari Memanfaatkan Polybag Untuk Media Budidaya Tomat!

  Sekarang Ini sangat musim mengkonsumsi produk organik semakin berkembang di masyarakat, seiring dengan kian meningkatnya gaya hidup sehat yang dianut sebagian besar masyarakat perkotaan. Kesadaran untuk mengkonsumsi produk-produk organik dan berusaha sebisa mungkin menghindari produk kimiawi, mengakibatkan industri perkebunan organik tumbuh subur. Namun kesadaran hidup sehat ini, terkadang tidak ditunjang dengan tingkat penghasilan masyarakat. Biaya pemeliharaan dan perawatan tanaman organik yang lebih mahal dibandingkan kalau memakai pupuk kimiawi dan pestisida pabrikan, mengakibatkan banyak masyarakat menentukan menanam sendiri sayur dan buah-buahan di halaman rumahnya.

 Lahan yang sempit dan terbatas bukanlah hambatan bagi mereka. Di mana ada niat, di sana ada jalan. Cukup memanfaatkan lahan pekarangan, sekarang banyak sekali tanaman organik sanggup dikembangkan. Salah satunya, tomat. Mengapa tomat menjadi pilihan tanaman organik yang gampang dikembangkan di pekarangan rumah? Budidaya tomat cukup mudah, serta tidak memerlukan perawatan intensif. Tomat juga sanggup ditanam di pot ataupun polybag. Tomat sanggup tumbuh di ketinggian 0-1500 dpl, tergantung varietasnya. Tomat akan tumbuh baik di media tanam dengan pH berkisar 5,5-7. Supaya batangnya tidak merunduk atau rubuh, sebaiknya tomat ditopang olah ajiran, lantaran tanaman tomat sanggup mencapai  ketinggian sampai 3m.
Pada dasarnya, tomat sanggup diklasifikasikan sebagai sayur dan buah, lantaran terdapat beberapa jenis tomat,yaitu:
  • Tomat sayur, rasanya lebih kecut dengan tekstur keras. Di pasar dijual dalam tiga warna, hijau-kuning-merah.
  • Tomat buah atau granola, ukurannya lebih besar dan pangkal buahnya mendatar.
  • Tomat gondol, bentuknya lonjong biasa dimanfaatkan untuk pembuatan saus tomat
  • Tomat cherry, ukurannya yang kecil dan berwarna merah seakan-akan buah cherry. Rasanya asam-manis, biasa dipakai sebagai gabungan salad.
Budidaya tomat sanggup dilakukan eksklusif di atas lahan, di pot atau memakai polybag. Namun, akan lebih mudah dan hemat kalau memakai polybag, lantaran harga polybag jauh lebih murah dibandingkan kalau memakai pot. Di samping itu, ukuran polybag juga bermacam-macam, sanggup diadaptasi dengan jenis tanaman yang akan dibudidayakan.
Ukuran polybag untuk pembibitan akan berbeda dengan ukuran polybag untuk tanaman ketika dewasa. Ukuran polybag pembibitan (baby bag) berkisar tinggi 12-15cm, dengan lebar 10cm, sedangkan untuk tanaman sampaumur sanggup memakai polybag dengan lebar 20 cm dan tinggi 20-25 cm.
Bagaimana cara budidaya tanaman tomat dengan memakai polybag?

  • Pertama, siapkan polybag ukuran kecil sebagai wadah untuk menyemai benih tomat.
  • Kedua, siapkan media tanam, berupa tanah (sebaiknya tanah hitam) – pupuk sangkar (kotoran kambing yang masih utuh, namun sudah difermentasi) – kompos (sisa limbah dapur yang difermentasi memakai mol) dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Campur ketiga media tanam tersebut sampai rata dan masukkan ke dalam baby bag yang telah disiapkan.
  • Ketiga, siapkan benih tomat yang elok dan terjamin mutunya. Buat lubang di dalam media tanam dan benamkan 1-2 benih tomat ke dalam lubang tersebut. Tutup dan sisihkan. Letakkan polybag berisi benih tomat di kawasan yang terlindung dari angin dan sinar matahari langsung.Lakukan penyiraman 2x sehari secara hati-hati dengan memakai gembor dan berilah pupuk organik cair (urine kelinci yang sudah difermentasi) ketika usia bibit 2 pekan.
  • Bibit tomat siap dipindahkan ke polybag yang lebih besar ketika usia 30 hari, atau jumlah daun sudah mencapai 5 helai. Pindahkan dengan hati-hati ke dalam polybag besar yang sudah diberi media tanam serupa dengan ketika pembibitan. Beri ajiran di samping batangnya semoga tidak jatuh dan merunduk, lantaran tanaman tomat sanggup mencapai ketinggian 2-3 m.
  • Letakkan tanaman tomat di kawasan yang eksklusif terkena sinar matahari dan bersihkan dari gulma yang mengganggu. Setiap dua pekan sekali, siram dengan pupuk organik cair.
  • Tomat sanggup dipanen sesudah 60-100 hari semenjak ditanam, tergantung varietasnya. Pemanenan sanggup dilakukan 2-3 hari sekali.
Kami melayani pengorderan polybag untuk warna hitam ataupun warna putih, polybag transparan, serta polybag warna lainnya.
Untuk isu harga polybag.
Hubungi kami:
• SMS/Call: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
• Phone/fax: 031-8830487
• E-mail: admin@limcorporation1.com

* Kantor buka Senin – Sabtu pukul : 08.15 – 16.00 WIB, untuk hari {Minggu|Pekan} dan hari besar kantor tutup.
Mari Memanfaatkan Polybag Untuk Media Budidaya Tomat! Mari Memanfaatkan Polybag Untuk Media Budidaya Tomat! Reviewed by Yoyon Oke on November 16, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.