HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Manfaat Plastik Uv - Tips Menanam Kacang Hijau Dengan Benar


Kacang Hijau merupakan sejenis tumbuhan palawija yang tumbuh dengan baik di kawasan tropika. Tumbuhan yang tergolong suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki tak sedikit kegunaaan dalam kenasiban sehari-hari insan sebagai sumber materi pangan berprotein nabati tinggi. Di Indonesia sebagai negara yang berada di garis khatulistiwa, kacang hijau menempati urutan ketiga sebagai tumbuhan pangan legum, seusai kedelai dan kacang tanah.
  • Syarat Tumbuh
Kacang hijau termasuk tumbuhan tropis yang menghendaki suasana panas selama hidupnya. Tanaman ini sanggup tumbuh dengan baik di kawasan datara rendah hingga ketinggian 500 m dpl.
Syarat suhu lingkungan untuk menanaman kacang hijau berkisar 25°C – 27°C, dan kelembapan udara antara 50% – 80%, serta cukup menerima sinar matahari. Curah hujan yang dikehendaki berkisar antar 50 mm – 200 mm/bulan.Tanaman kacang hijau sanggup tumbuh hampir pada semua jenis tanah yang banyak mengandung materi organik, dengan drainase yang baik. Akan tetapi, tanah yang sangat sempurna untuk budidaya kacang hijau yaitu tanah berlempung atau tanah liat, semisal Podsolik Merah Kuning (PMK) dan Latosol. Dan syarat keasaman (pH) tanah berkisar antara 5,8 – 6,5.

Budidaya kacang hijau sanggup dilakukan pada bekas lahan yang ditanami padi (Sawah dan Ladang), tak butuh dilakukan pengolahan tanah/lahan. Untuk menanam kacang hijau di area bekas padi maka tunggul padi harus dipotong singkat dan dibersihkan atau dipinggirkan. Jika tanah becek maka butuh dibangun kanal drainase dengan jarak 3-5 m. Pada lahan Tegalan atau bekas Tanaman Palawija, ibarat jagung atau tipe lainnya, butuh dilakukan pengolahan tanah. Lahan dibajak sedalam 15-20 cm, kemudian dihaluskan dan diratakan. Saluran pengairan dibuatdengan jarak 3-5 m.

Kacang hijau ditanam dengan sistem tugal. Setiap celah dimasukkan dua biji/celah. Apabila menanam benih kacang hijau pada ketika ekspresi dominan hujan, maka jarak tanam yang semula40 cm x 15 cm jadi mencapai populasi 300 – 400 ribu tanaman/ha. Pada ekspresi dominan kemarau menggunakan jarak tanam 40 cm x 10 cm jadi populasinya kurang lebih 400-500 ribu tanaman/ha. Penanaman kacang hijau tak boleh lebih dari 5 hari sehabis padi dipanen apabilabudidaya kacang hijau dilakukan pada bekas tumbuhan padi. (Untuk setiap musim; penyulaman yang baik dilakukan pada ketika tumbuhan berusia tak lebih dari 7 hari). Untuk tanah yang sulit subur, anda sanggup memberi pupuk urea supaya tanah subur 45 kg Urea + 45 – 90 kg SP36 + SD kg KCl/ha dengan cara menaburkan pupuk di banyak sekali celah tumbuhan sepanjang barisan tanaman. Bahan organik berupa pupuk sangkar setidak sedikit 1520 ton/ha dan debu dapur sangat baik untuk pupuk dan diberbagai sebagai epilog celah tanam. Apabila anda ingin menanam kacang hijau di lahan bekas padi yang sudah subur maka anda tidak perlu lagi memberi materi organik atau pupuk lagi. Cukup dengan menggunakan mulsa jerami sanggup menekan serangan hama lalat bibit, pertumbuhan gulma, dan penguapan air. Dosis jerami padi diberbagi setidak sedikit 5 ton/ha.
  • Manfaat Dan Khasiat Kacang Hijau Antara Lain :
1  Mencegah penyakit jantung (serat)
2  Menjaga kesehatan kulit (serat)
3  Mencegah polip usus (serat)
4  Mencegah wasir  (serat)
5  Mengatur kadar gula  (serat)
6  Menurunkan kolesterol  (serat)
7  Menurunkan risiko terkena diabetes  (serat)
8  Sumber energi  (serat)
9  Mencegah kanker  (serat)
10 Membantu mencegah penuaan dini (Vitamin A)
11 Baik untuk mata  (Vitamin A)
12 Sebagai antioksidan (Vitamin A)
13 Mencegah penyakit makula (Zat karotenoid)
14 Mengontrol detak jantung dan darah (Mineral Essensial)
15 Menangkal Radikal Bebas (Vitamin B6)
16 Kecerdasan janin (Asam folat)
17 encegah cacat janin (Asam folat)
18 Baik untuk ibu hamil (Asam folat)
19 Pertumbuhan janin (Asam folat)
20 Menguatkan tulang (kalsium)

Baca Juga :
 Manfaat & Kandungan Gizi Pada Beras Merah
Inilah Syarat Tumbuh Untuk Menanam Pohon Buah Manggis Dengan Tepat
Tips Paling Jitu Budidaya Lidah Mertua (Sansevieria)
Cara Budidaya Bengkoang Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
  • Hama Dan Penyakit
Penyakit yang tak jarang menyerang kacang hijau antara lain; bercak daun, bau batang, embun tepung dan penyakit puru. penangananpenyakit sanggup dilakukan dengan menanam varietas yang tahan penyakit. Penanganan untuk penyakit pada tumbuhan kacang hijau yaitu dengan menggunakan pestisida dan fungisida semacam: Benlate, Dithane M-45, Baycor, Delsene MX 700 atau Daconil. Pada penyakit Embun Tepung (Erysiphepofygoni) sanggup ditangani dengan fungisida hexakonal. Penyakit bercak daun, efektif ditangani dengan fungisida hexakonazol, diberbagi pada umur kacang hijau 4, 5 dan 6 minggu.

Hama mutlak kacang hijau merupakan: Lalat Kacang (Agmmyxa phaseoti), Ulat Jengkal (Piusia chaitites), Kepik Hijau (Nezara virfduta), Kepik Coklat (Riptonus tinearis), dan Penggerek Polong (Maruca testutalis), Kutu Thrips dan lain-lain. penangananhama sanggup dilakukan dengan menggunakan insektisida. Semacam Cwifldor, Regent, Curacron, Atabnon, Furadan, atau Pegassus dengan takaran 2-3 ml/liter air dan volume semprot 5OIM>00 liter/ha. Pada kawasan yang memiliki penyakit endemik lalat bibit (Agromyza phaseoti) maka anda harus menjaga benih dengan baik. Penanganan lalat bibit sanggup menggunakan insektisida Carbosulfan (10 g/kg benih) atau Fipnonil (5 cc/kg benih).
  • Persemaian Benih
Persemaian benih kacang hijau dilakukan dengan cara membasahi benih kacang hijau dengan air kemudian tunggu benih hingga kering dan sehabis itu diamkan benih kacang hijau sekitar satu hari hingga benih tersebut muncul kecambah.
  • Penanaman Bibit Kacang Hijau
Setelah benih yang disemai telah berkecambah maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu menanam bibit tersebut pada lubang tanam. Masukkan 2-3 bibit kedalam 1 lubang tanam kemudian tutup bibit dengan tanah tipis. Selanjutnya masukkan pupuk pada dua lubang lainnya dan tutup kembali dengan tanah. Siram lubang tanam dengan air secukupnya supaya tanah lembab.
  • Penyiraman
Pentiraman dilakukan dengan melihat kondisi cuaca. Apabila cuaca panas ketika ekspresi dominan kemarau maka kacang hijau harus disiram paling tidak 2 kali sehar pagi dan sore. Sedangkan jikalau ekspresi dominan hujan penyiraman sanggup dilihat dari kondisi lahan terlebih dahulu, apabila hujan terjadi cukup usang dan menciptakan tumbuhan berair sekali maka penyiraman tidak perlu dilakukan pada hari tersebut.
  • Penyulaman
Penyulaman bertujuan untuk mengganti bibit yang gagal tumbuh atau mati degan bibit baru. Penyulaman sanggup dilakukan ketika tumbuhan telah berumur 2 minggu, perhatikan terlebih dahulu dengan jeli kondisi tumbuhan yang gagal tumbuh atau perkecambahannya layu. Setelah itu cabut tumbuhan yang gagal tumbuh tersebut dan ganti dengan bibit yang baru.
  • Penyiangan Gulma
Penyiangan sanggup dilakukan satu hingga 2 ahad sekali. Penyiangan pertama dilakukan bersamaan dengan proses penyulaman supaya lebih efektif. Jaga gulma supaya tidak tumbuh disekitar area pertanaman. Apabila gulma tumbuh secara berlebihan maka yang akan terjadi tumbuhan kacang hijau tidak menerima pasokan unsur hara yang cukup. Maka dari itu penyiangan harus dilakukan dengan baik dan sempurna waktu.
  • Pemupukan
Pemupukan susulan dilakukan ketika tumbuhan kacang hijau berumur 30 hari ketika tumbuhan sudah mulai berbunga. Pupuk yang dipakai yaitu pupuk Urea 60 kg/ha, TSP 100 kg/ha dan KCL 50 kg/ha. Pemupukan sendiri dilakukan dengan memasukkan pupuk pada lubang pupuk yang telah disiapkan ketika proses persiapan lahan. Masukkan bibit kelubang tersebut dan tutup kebali dengan tanah.


  • Pemanenan Kacang Hijau
Kacang hijau sanggup dipanen ketika sudah berumur 3-4 bulan. Tanda kacang hijau yang sudah siap dipanen yaitu kacang hijau yang polongnya sudah mulai mengering dan gampang pecah. Pemanenan kacang hijau sanggup dilakukan setiap hari yaitu pada pagi hari. cara pemanenan sendiri sanggup dilakukan hanya dengan memetik polong kacang hijau.
Setelah polong kacang hijau dipetik kemudian jemur dibawah matahari  selama 5-6 jam apabila polong telah benar-benar mengering kemudian pukul-pukul polong dengan kayu supaya bijinya keluar. Selanjutnya biji yang telah keluar dimasukkan kedalam karung dan siap dipasarkan.

CV. LIM CORPORATION menyediakan plastik uv murah berkualitas, untuk isu harga plastik uv  klik DISINI pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277.

Demikian artikel ihwal " Tips Menanam Kacang Hijau Dengan Benar " Terima kasih sudah berkunjung di blog kami semoga artikel ini bermanfaat :)...

Sumber http://uvplastik123.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Plastik Uv - Tips Menanam Kacang Hijau Dengan Benar"

Posting Komentar