HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Manfaat Plastik Uv - Cara Jitu Menanam Selada Hidroponik Sistem Wick


Persiapan Awal
Langkah awal menanam selada hidroponik yaitu mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk keperluan menanam selada hidroponik sistem wick :
  • Tandon nutrisi berfungsi sebagai tempat/wadah penampung larutan nutrisi hydroponic, 
  • Net pot 
  • Sumbu yang berfungsi untuk menaikkan larutan nutrisi dari tandon menuju media tanam, sumbu yang ideal untuk tumbuhan hidroponik yaitu kain flannel. 
  • Nutrisi selada hidroponik 
  • Benih selada secukupnya sesuai dengan kebutuhan
  • Media tanam, media tanam hidroponik sanggup berupa rockwoll, arang sekam atau cocopeat.
  • EC Meter atau alat untuk mengukur kepekatan (PPM) larutan nutrisi hidroponik. 
  • Air yang ppm-nya tidak lebih dari 150 (ada juga yang menyampaikan tidak lebih dari 200). Contoh air yang baik untuk hidroponik yaitu air sumur. Jika terpaksa boleh juga memakai air PAM tapi harus di endap kan terlebih dahulu selama 1 minggu.
Persiapan Bibit Selada Hidroponik
Pilih bibit selada yang mempunyai sifat unggul, tahan penyakit serta pastikan benih terbebas dari hama penyakit. Banyak bibit yang dibutuhkan di sesuaikan dengan kebutuhan.

*Baca Juga : Budidaya Tomat Hidroponik Sistem NFT

Penyemaian bibit
Benih selada di semai terlebih dahulu sebelum ditanam di media hidroponik. Wadah penyemaian bibit sanggup memakai polybag, nampan atau wadah apa saja. Media tanam sanggup berupa arang sekam, rockwool maupun cocopeat, kalau menentukan memakai arang sekam, masukkan arang sekam ke dalam polybag atau wadah lainnya. Kemudian basahi media hingga benar-benar basah. Tanam benih selada satu persatu, 3 – 4 hari kemudian benih selada telah tumbuh atau berkecambah. Benih selada sanggup di pindah tanam saat berumur 25-30 hari sesudah semai.

Penanaman Benih
Siapkan tandon, larutan nutrisi, pot, sumbu serta media tanam. Sumbu (kain flannel) dipasang pada pot/net pot dengan panjang sumbu diadaptasi dengan kedalaman tandon. Usahakan sumbu menyentuh dasar tandon. Buka polybag semai dengan hati-hati, jangan hingga akar bibit selada rusak atau putus. Masukkan bibit kedalam pot/net pot serta isi pot dengan media tanam hingga penuh. Jika bibit selada sudah ditanam pada pot, segera letakkan pot pada tandon yang telah berisi larutan nutrisi.

Letakkan selada hidroponik yang gres ditanam pada kawasan yang teduh selama 2-3 hari supaya sanggup menyesuaikan diri terlebih dahulu. Selanjutnya perkenalkan dengan sinar matahari secara bertahap. Jika cuaca terlalu panas, letakkan tumbuhan selada hidroponik dibawah naungan paranet atau plastik ultraviolet.

Dosis PPM Larutan Nutrisi untuk Selada Hidroponik
  • Di awal tanam (umur 1 – 7 HST) nutrisi selada hidroponik sebanyak 500 PPM
  • Memasuki ahad kedua (umur 8 -14 HST) nutrisi selada hidroponik sebanyak 700 PPM
  • Minggu ketiga (umur 15 – 21 HST) nutrisi selada hidroponik sebanyak 900 PPM
  • Minggu keempat (umur 22 HST – panen) takaran nutrisi selada hidroponik sama dengan takaran nutrisi ahad ketiga
Perawatan serta Pemeliharaan Selada Hidroponik
Meningkatkan ppm / EC larutan nutrisi sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman. Semakin bertambah umur tanaman, kebutuhan nutrisi nya semakin banyak. Maka dari itu  perhatikan selalu setiap fase pertumbuhan tumbuhan selada. Naik kan ppm nutrisi sesuai dengan kebutuhannya supaya tumbuhan sanggup tumbuh dengan optimal. Cek tandon nutrisi sesering mungkin serta segera tambahkan larutan nutrisi kalau isi tandon berkurang.


Pengendalian Hama Penyakit Selada Hidroponik
Hama maupun penyakit sanggup dikendalikan secara manual. Tetapi kalau tidak memungkinkan, lakukan penyemprotan memakai pestisida nabati. Jika terpaksa, gunakan pestisida kimia dengan takaran yang telah ditentukan. Hama serta penyakit selada hidroponik kurang lebih sama dengan selada yang di tanam di lahan terbuka.

*Baca Juga : Penggunaan Plastik UV 6% Untuk Pengeringan

Panen Selada Hidroponik
Panen Selada hidroponik sistem wick sanggup dilakukan sesudah tumbuhan berumur kurang lebih 53 hari. Cara memanennya yaitu dengan mencabut pribadi tumbuhan dari media hidroponik.

Kami CV Lim Corporation menyediakan plastik uv berkualitas. Untuk gosip harga Plastik uv ter update kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA)


Sumber http://uvplastik123.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Plastik Uv - Cara Jitu Menanam Selada Hidroponik Sistem Wick"

Posting Komentar