Manfaat Plastik Uv - Cara Sempurna Budidaya Tanaman Kamboja

Syarat Tumbuh
-Tanaman Kamboja sanggup tumbuh dengan baik pada media tanah gembur serta subur
-Kadar keasaman (pH) tanah yang cocok untuk pertumbuhan kamboja yakni sekitar >6,5.
-Suhu yang sesuai untuk pertumbuhan tumbuhan kamboja yakni pada suhu antara 15-45 Celcius.
-Tanaman kamboja cocok ditanam di daerah terbuka biar memperoleh penyinaran sinar matahari yang cukup yakni sekitar 6-9 jam/ hari.
*Baca Juga : Cara Budidaya Mawar Dengan Mudah

Pemilihan benih
Hal pertama yang dilakukan ketika budidaya tumbuhan hias kamboja yakni pemilihan benih. Benih dipilih sesuai dengan jenis yang akan ditanam. Benih yang manis yakni benih yang berasal dari indukkan yang mempunyai sifat unggul serta tahan akan serangan hama penyakit. Bibit tumbuhan hias kamboja sanggup berasal dari biji, sambung, serta pencangkokan. Berikut merupakan cara untuk menerima bibit tumbuhan hias kamboja:
  • Biji: Biji yang di perlukan dalam budidaya bunga kamboja harus sesuai dengan ketentuan atau persyaratan yakni berasal dari indukan berkualitas, tunas banyak, pertumbuhan cepat, tahan terjangkit hama serta dalam kondisinya harus normal. Biasanya biji benih ini sanggup di temukan dengan membelinya maupun mengambilnya dari tumbuhan indukan.
  • Sambung: Teknik sambung membutuhkan batang penggalan bawah yang mempunyai kualitas manis dengan batang serta akar yang berpengaruh terhadap hama penyakit serta berpengaruh untuk menyokong tumbuhan beliau atasnya , Biasanya batang bawah ini berusia sekitar 9-12 bulan. Sedangkan batang penggalan atas di memerlukan tumbuhan dengan produksi bunga yang sangat tinggi serta mempunyai umur 2-3 bulan. Lama penyambungan membutuhkan waktu selama 10-30 hari sampai menyambung sempurna.
  • Cangkok: Mencangkok tumbuhan bunga kamboja ini sama dengan tumbuhan jenis lainnya yakni dengan cara mencari tumbuhan yang berkualitas, kupas batangnya sampai terkelupas, kemudian menyiapkan media tanah serta bungkus dengan plastik berisi tanah. serta lakukan perawatan sampai mengeluarkan akar serabut serta pindahkan eksklusif ke media tanam.
Media tanam & Penanaman kamboja
Media Polybag/Pot: Penanaman dengan media ini sangat gampang serta sederhana di lakukan anda hanya saja menyediakan daerah atau wadah penanaman berupa polybag, pot besar serta daerah lainnya yang berukuran 4 -10 kg per unitnya, kemudian isi dengan media tanah yang telah di campurkan dengan pupuk sangkar maupun pupuk kompos, serta buat lubang tanam di tengah polybag/pot dengan ukuran 4-10 cm tergantung akar tanam. Setelah itu tanam tumbuhan kedalam media. sesudah itu lakukan penyiraman.

Media lahan: Sebelum menanam di lahan, bersihkan lahan dari gulma atau tumbuhan penggangu kemudian lakukan pengolahan lahan dengan cara dibajak biar tanah menjadi gembur. Lalu buat bedengan dengan lebar 1-2 meter, tinggi 30 cm serta panjang di sesuaikan dengan lahan. Campurkan media tanam dengan pupuk organik serta anorganik sampai merata serta diamkan beberapa minggu. Selanjutnya buat lubang tanam tergantung dengan banyak bibit, kemudian lakukan penanaman dengan menaruh bibit ke lubang tanam. Selanjutnya siram sampai berair serta lembab.

Pemeliharaan Tanaman
  • Penyulaman dilakukan dengan cara menggantikan tumbuhan gres yang tidak tumbuh semestinya serta yang mati. Penyulaman dilakukan sesudah 1-2 ahad masa tanam.
  • Penyiraman sanggup di lakukan 2 kali dalam sehari, jangan terlalu berlebihan serta jangan terlalu sedikit.
  • Penyiangan dilakukan jikalau tumbuhan kamboja di tanam dilahan. Penyiangan dilakukan dengan membersihkan gulma di sekitar tumbuhan kamboja.
  • Pemupukan sanggup di lakukan secara berskala 2-3 bulan sesudah masa tanam sanggup memakai pupuk organik serta anorganik sesuai dengan ukuran serta takaran.
  • Pengendalian hama serta penyakit sanggup di lakukan dengan melaksanakan sanitasi lingkungan sekitar dengan teratur, melaksanakan penyemprotan hama dengan insektisida sesuai dengan takaran serta petunjuk, serta melaksanakan penyemprotan penyakit dengan fungisida sesuai dengan takaran serta petunjuk.
Panen
Pemanenan tumbuhan ini sanggup di lakukan ketika sudah proses pembungaan, sanggup di lakukan dengan cepat serta lambat tergantung dengan perbanyakan yang di lakukan. Biasanya bunga kamboja sanggup di panen atau di petik bunganya pada umur 6-7 bulan bahkan lebih. Pemanenan ini sanggup di lakukan dengan cara memetik bunga untuk dijual. Pemanenan ini di lakukan pada sore serta pagi hari untuk menghindari penurunan kualitas tanaman.

Selamat Mencoba....
Sumber http://uvplastik123.blogspot.com
Manfaat Plastik Uv - Cara Sempurna Budidaya Tanaman Kamboja Manfaat Plastik Uv - Cara Sempurna Budidaya Tanaman Kamboja Reviewed by Yoyon Oke on Mei 26, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.