Budidaya Pepaya California, Ternyata Mempunyai Prospek Bisnis Menguntungkan!

Pepaya California termasuk salah satu jenis pepaya yang lagi digemari serta banyak dikembangbiakkan para petani pepaya kini ini alasannya ialah amat menguntungkan. Pepaya California mempunyai ciri serta keunggulan sendiri yakni buahnya tak cukup besar serta berat sekitar 0,8 – 1,5 kg/buah, mempunyai kulit berwarna hijau tebal serta mulus, bentuk buah berupa lonjong, buah matang berwarna kuning, rasanya pun manis, daging buahnya kenyal serta tebal.

Bagi Anda yang ingin membudidayakan buah pepaya california ini, berikut kami paparkan langkah-langkah cara menanam Pepaya California sebagai berikut :

1. Keadaan Iklim

Termasuk persyaratan penting ketika ingin budidaya Pepaya California, alasannya ialah umur buah pepaya ini tidak mengecewakan pendek dari jenis pepaya lain atau mempunyai umur maksimal sekitar 4 tahun. Keadaan yang sesuai yakni sanggup tumbuh berkisar 700m di atas permukaan laut, kelembapan tanah berkisar 6-7 pH dengan suhu udara sekitar 25 – 30 °C.

2. Kondisi Area/lahan

Lebih baik keadaan area lahan terbuka yang mempunyai sistem drainase yang bagus. Bersihkan area/lahan dari gulma serta rumput yang menganggu. Luasan area/lahan sanggup diubahsuaikan dengan skala besar menggunakan luasan lahan yang besar maupun skala kecil menggunakan luasan lahan yang kecil. Selanjutanya buat lubang tanam menggunakan ukuran sekitar 60x60x50 cm. Jarak antar tanam yang disarankan 2,5×2,5 m. Sediakan lubang tanam serta tunggu sekitar 15 hari lamanya sebelum ditanam.

 Baca Juga :  Yuk Menanam Bawang Merah di Polybag

3. Proses Pembibitan

Bibit sanggup diperoleh dari lokasi pembudidaya bibit pepaya california lain. Namun, jikalau Anda mau membibitkannya sendiri, Kami akan mengasih Anda sedikit tutorial, bagaimana cara membikin bibit Pepaya California. Terpenting Anda perlu menyediakan benihnya. Budidaya pepaya california ini menggunakan cara generatif maupun menggunakan biji.

Kalau Anda ingin pembibitan dengan cara manual, Anda sanggup memperoleh dari biji buah yang tak sengaja dibiarkan masak di pohon. Lalu biji itu masukkan dan direndam kedalam air, kalau terdapat biji mengapung buang saja alasannya ialah tak sanggup ditanam. Berikutnya dimasukkan ke dalam kertas menyerupai koran yang sudah dibentuk lembab selanjutnya simpan di area yang teduh hingga keluar tunas serta pindah polybag kemudian dicampur adukkan dengan pupuk kandang.

4. Proses Penanaman

1 hari sebelum proses tanam, kerjakan langkah pengairan pada area lahan lebih dulu. Berhati-hatilah ketika memindahkan bibit california dari polybag kedalam lubang tanam, lantaran tanah di polybag perlu selalu utuh serta tak hancur, jadi bibit tak layu hingga mati. Berikutnya tutup kembali lubang tanam menggunakan pupuk kandang/kompos. Bibit yang sudah ready tanam mempunyai umur sekitar 5 bulan. Langkah penanamannya dikerjakan ketika sore hari.

5. Pemeliharaan & Perawatan

Kalau terdapat bibit yang mati/cacat lebih baik cepat diganti menggunakan bibit yang lain, alasannya ialah sanggup mengakibatkan penyakit/hama. Guna antisipasi, Anda perlu mempunyai bibit cadangan lain. Perawatan difokuskan pada tahap pengairan serta pemupukan. Guna pengairan lebih baik buat terusan irigasi/parit disekeliling lubang tanam guna menghindari air menggenang, alasannya ialah batang sanggup juga membusuk.

Proses pemupukan dikerjakan ketika penanaman menggunakan pupuk sangkar maupun kompos. Sekitar 1 ahad setelah tanam menggunakan pupuk NPK dengan banyak sekitar 200 gram/pohon.

 Jangan Sampai Terlewatkan : Pengertian, Fungsi dan Ukuran Polybag

6. Panen

Pepaya california sanggup dipanen ketika nampak gejala masak yakni terdapat semburat berwarna kuning pada belahan buah pepaya yang kadang terlihat di agian ujung pangkal buah. Panen lebih baik dikerjakan dengan memotong pada belahan tangkai yang menggunakan gunting pangkas maupun pisau tajam. Dengan periode panen yaitu 10 hari sekali. Pepaya yang sudah dipanen, lebih baik di simpan pada daerah yang terlindungi oleh cahaya/sinar matahari secara langusng serta beri ganjal yang berbahan plastik.
Budidaya Pepaya California, Ternyata Mempunyai Prospek Bisnis Menguntungkan! Budidaya Pepaya California, Ternyata Mempunyai Prospek Bisnis Menguntungkan! Reviewed by Yoyon Oke on Mei 10, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.